Ketahui Bahaya Salmonella pada Makanan Paket Anak

  • Whatsapp

“Salmonella adalah bakteri yang perlu dicurigai. Ditambah, langkah penyebarannya dapat lewat makanan paket yang umum dimakan anak-anak.”
Baru saja ini, sebuah perusahaan pembikin cokelat berhadiah mainan di Inggris menarik kembali produknya dari pasaran. Ini karena ada sangkaan jika produk cokelat favorite anak-anak itu tercemar bakteri Salmonella, pemicu infeksi salmonellosis.

Ketahui Bahaya Salmonella pada Makanan Paket Anak

Salmonella ialah bakteri pemicu penyakit yang namanya salmonellosis. Bakteri ini bisa disebarkan dari makanan, hewan piaraan, atau paparan kotoran manusia atau hewan. Yok baca selanjutnya bahaya salmonella untuk kesehatan!

Resiko dan Langkah Penebaran Salmonella

Infeksi Salmonella atau salmonellosis disebabkan karena bakteri dalam genus Salmonella, yang hidup di aliran usus manusia dan hewan. Bakteri ini bisa menebar lewat feses. Seorang yang terkena salmonella bisa menebarkannya pada orang lain lewat feses.

Ada dua langkah khusus penebaran Salmonella, yakni lewat makanan dan air yang tercemar, atau contact dengan hewan yang bawa bakteri. Bakteri Salmonella ada dalam kotoran banyak hewan, terhitung daging sapi, unggas, dan ikan, dan kerap mencemarkan daging, susu, atau telur mereka. Dalam kasus telur, bakteri bisa diketemukan dalam atau di luar cangkang.

Kontaminasi tinja air atau kontaminasi silang sepanjang pemrosesan atau persiapan makanan bisa mengakibatkan penebaran bakteri dalam sayur, buah, makanan laut, rempah-rempah, dan makanan buatan. Selainnya lewat makanan dan air, Salmonella bisa juga menebar lewat hewan ternak dan hewan piaraan. Bila kamu bekerja di atau berkunjung peternakan atau memiara hewan ternak, resiko terkena bakteri ini bisa jadi bertambah. Karena, bakteri ini bisa mencemarkan kandang, bulu-bulu, dan air tanah. Hewan-hewan pembawa bakteri ini bisa jadi kelihatan sehat dan bersih, tetapi sebetulnya menyebarkan bakteri beresiko. Hewan yang sudah dijumpai menebarkan Salmonella diantaranya unggas, kambing, sapi, domba, dan babi.

Bahaya dan Kompleksitas yang Mengincar

Tanda-tanda umum dari infeksi Salmonella ialah diare, kram perut, demam, sakit di kepala, mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan. Infeksi bakteri ini bisa mengakibatkan kompleksitas bila bakteri menebar dari mekanisme pencernaan ke lain tempat di badan. Terhitung saluran darah, tulang, sendi, dan mekanisme saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang).

Kemungkinan-kemungkinan kompleksitas Salmonella mencakup:

Dehidrasi. Bisa muncul karena diare, mual, dan muntah. Tanda-tandanya ialah produksi urine menyusut, mulut kering, dan mata cengkung.
Bakteremia. Salmonella bisa tinggalkan usus dan masuk saluran darah. Bila ini terjadi, infeksi bisa menebar ke tempat lain di badan.
Artritis reaktif (sindrom Reiter). Keadaan infeksi dengan tanda-tanda berbentuk ngilu dan kaku di sendi, bengkak jemari kaki dan tangan, konjungtivitis, dan ngilu saat buang air kecil.
Panduan Penangkalan
Karena makanan yang dari hewan sebagai teror paling besar kontaminasi Salmonella, jauhi makan produk hewani yang mentah atau 1/2 masak. Terhitung telur, unggas, makanan laut, atau daging.

Berikut beberapa panduan penangkalan infeksi salmonellosis yang dapat dilaksanakan:

  • Yakinkan semua unggas, daging, makanan laut, dan telur, diolah secara baik.
  • Tidak boleh konsumsi susu atau produk susu yang mentah atau mungkin tidak dipasteurisasi.
  • Tidak boleh konsumsi telur mentah atau 1/2 masak. Buang telur yang rengat. Taruh telur dalam almari es.
  • Bersihkan sampai bersih produk makanan saat sebelum mengkonsumsinya.
  • Jauhi kontaminasi silang makanan. Pisah daging mentah dari produk, makanan masak, dan makanan siap sajian.
  • Bersihkan sampai bersih semua perlengkapan, terhitung talenan, pisau, dan meja, sesudah tangani makanan mentah.
  • Bersihkan tangan secara detail saat sebelum mempersiapkan makanan, sesudah melakukan kontak dengan kotoran, dan sesudah menggenggam reptil atau burung, karena reptil dan burung memungkinkan bawa Salmonella.

Nach, itu ulasan berkenaan bahaya infeksi Salmonella untuk kesehatan. Bisa dijumpai jika bakteri ini dapat mengontaminasi beragam tipe makanan, terhitung makanan buatan atau yang dibikin di pabrik sekali juga.

Maka penting agar semakin jeli kembali pada konsumsi makanan apa saja. Bila alami permasalahan kesehatan sesudah makan satu makanan, selekasnya kontak dokter.
Umumnya, dokter akan memberi resep obat yang dibutuhkan dan memberikan anjuran perawatan terbaik.

 

kunjungi juga visit pare

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.