Manfaat Pisang untuk Kesehatan (Buah Bergizi)

Manfaat Pisang untuk Kesehatan ManfaatUtama.com Pernah makan buah pisang? Tentu pernah dong. Rasanya hampir semua orang di dunia ini pernah makan buah yang satu ini.

Pisang adalah buah yang tumbuh hampir di semua daerah. Mudah didapatkan, karena banyak dijual di pasar. Harga pisang pun relatif terjangkau.

Keunikan pohon pisang, dia hanya berbuah sekali langsung mati. Tapi hebatnya, pohon pisang selalu meninggalkan tunas pengganti sebelum dia mati.

Hingga para orang tua dulu sering menasehati dengan filosofi buah pisang yang selalu menyiapkan generasi penerusnya sebelum dia mati.

Tidak akan mati sebelum pohonnya mempersembahkan buah. Berikut beberapa manfaat pisang untuk kesehatan menghilangkan berbagai macam penyakit serta penambah sperma laki – laki. Yuk, lanjut baca.

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Serba-Serbi Buah Pisang

Hampir semua bagian pohon pisang bisa dikonsumai.

Selain buahnya yang harum dan lembut, jantung pisang bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat, daunnya digunakan untuk membungkus makanan tradisional.

Bagi yang kreatif, bisa mengolah pelepah pisang menjadi aneka kerajinan yang bermanfaat. Bonggol pohon pisang yang biasa disebut ares juga bisa diolah menjadi masakan.

Ada juga yang memanfaatkan air yang terkandung dalam bonggol pisang untuk menyuburkan rambut.

Nama latin pisang adalah Musa Paradisiaca yang merupakan salah satu buah ajaib yang disediakan untuk penghuni surga. Yang tentunya rasanya lebih nikmat darj pisang yang biasa kita makan di dunia.

Manfaat dan Kandungan Buah Pisang

Nah, tentunya anda ingin tahu apa sih manfaat pisang untuk kesehatan. Pisang adalah buah yang kaya manfaat. Buah yang bisa dinikmati dalam bentuk apa saja.

Untuk jenis pisang buah (dessert banana) bisa langsung dimakan segar setelah buahnya masak dari pohonnya. Contoh jenis pisang buah seperti pisang susu, ambon, mas, dan sunripe.

Sedangkan untuk jenis pisang olahan, seperti pisang kepok, tanduk atau uli biasa dikonsumsi setelah digoreng, dikolak atau direbus.

Buah pisang bisa diolah menjadi beraneka makanan dan minuman yang lezat seperti puding, cake, ice cream, dan kue-kue lainnya.

Kandungan tiga jenis gula alami dalam pisang, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa, dikombinasikan sempurna dengan serat.

Dikutip dari xposethereal.com dari hasil penelitian terbukti bahwa dengan mengkonsumsi dua buah pisang, cukup membantu Anda beraktifitas berat selama 90 menit.

Disebutkan pula, pisang adalah buah yang bergizi tinggi dan mempunyai kandungan mineral (kalium, potassium, fosfor, magnesium, besi, dan kalsium) dan vitamin (B, B6, dan C) yang tidak bisa diremehkan.

Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk 100 gram, dua kali lipat lebih tinggi daripada buah apel dengan berat yang sama.

Berikut ini Berbagai Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Menghalau Sedih, Stress, dan Marah

Kalau Anda sedang sedih, galau, atau stress, makan saja buah pisang. Dengan begitu, kegalauan akan mereda.

Tak lain karena kandungan magnesium akan memperbaiki suasana hati. Kandungan tryptophan, sejenis protein yang diubah menjadi serotonin akan membantu Anda lebih rileks.

Kandungan potassium akan menyeimbangkan kadar cairan tubuh, memperbaiki detak jantung, serta memperbaiki kerja syaraf dan otak.

Kandungan kalium yang tinggi dalam pisang sangat baik untuk penderita hipertensi.

Satu buah pisang perhari sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita jantung dan hipertensi.

Manfaat Pisang untuk Kesehatan – Sebagai Sumber Tenaga

Bagi Anda yang suka olahraga atau banyak kegiatan, tentunya mudah lelah, kan? Bawa bekal buah pisang saja.

Kandungan gula dalam buah pisang sangat mudah dicerna menjadi sumber tenaga, memperbaiki fungsi otot, dan mengobati kelelahan fisik.

Meredakan Gejala PMS

Setiap kalienjelang menstruasi, bagi seorang wanita tentunya akan mengalami rasa nyeri yang tak tertahankan di perut bagian bawah.

Biasa orang jawa menyebutnya ‘delepen’. Tentu saja sangat mengganggu aktifitas sehari – hari.

Nah, untuk itu kini sobat bisa mencoba mengkonsumsi pisang menjelang dan saat menstruasi.

Bisa dipastikan rasa nyeri yang tadinya mengganjal akan mereda. Karena vitamin B6 yang terdapat dalam pisang mengatur tingkat gula darah dan berpengaruh pada mood.

Manfaat Pisang untuk Kesehatan – Mengobati Anemia

Jika pandangan Anda tiba – tiba sering berkunang – kunang, atau pusing saat bangun dari tidur, atau berdiri dari duduk, jangan terburu panik.

Konsumsi buah pisang. Karena pisang mengandung zat besi tinggi yang dapat, memacu produksi hemoglobin dan akan membantu Anda mengatasi anemia.

Manfaat Pisang untuk Kecantikan Kulit Wajah

Kalau kulit terasa kusam karena terbakar sinar matahari, Anda bisa mencoba menggunakan buah pisang yang telah dilumatkan untuk masker wajah.

Begiti juga jika terkena luka bakar, olesi lukanya dengan lumatan buah pisang, rasa sakit akan berkurang dan cepat sembuh.

Satu lagi, usahakan kulit pisang jangan keburu dibuang percuma. Pernah merasa gatal oleh gigitan nyamuk, olesi saja dengan kulit pisang.

Mengurangi Morning Sickness

Manfaat pisang untuk kesehatan ini diperuntukkan ibu – ibu yang tengah hamil muda, dan sering mengalami morning sickness.

Dari sini Anda dapat mencoba mengkonsumsi buah pisang diantara jam makan.

Karena pisang akan membantu menjaga kadar gula darah dan mencegah mual di pagi hari.

Manfaat Pisang untuk Mengobati Sakit Kuning, Gangguan Pencernaan

Sudah tak asing lagi sepertinya penggunaan buah pisang mas untuk membantu menyembuhkan sakit kuning.

Yakni cukup dengan makan pisang mas sebanyak – banyaknya setiap hari. Obat yang murah dan tentunya enak.

Demikian juga dengan gangguan pencernaan atau sembelit, cukul dengan rajin mengkonsumsi buah pisang ambon sehari satu biji.

Karena manfaat pisang untuk kesehatan terutama bagi yang menderita maag ataudevice gangguan lambung, pilih pisang kepok yang matang untuk dikonsumsi.

Manfaat Pisang untuk Diet

Beberapa orang takut untuk mengkonsumsi pisang karena takut gemuk.

Tapi sebagian lagi justru diet dengan mengkonsumsi pisang. Jadi bingung kan? Sebenarnya pisang untuk diet apa malah bikin gemuk sih?

Jawabannya keduanya bisa, tergantung dari berapa buah pisang yang kita konsumsi.

Jika Anda diet, cukup makan 1 – 2 buah pisang sebelum jam makan. Sebuah pisang mengandung 108 kalori setara dengan 17,5 gram karbohidrat.

Pisang juga kaya akan serat, vitamin, mineral juga pectin yang membuat Anda kenyang lebih lama.

Jika Anda ingin menaikkan berat badan, Anda tinggal mengkonsumsi pisang sekitar 8 – 10 buah perhari, atau konsumsi milkshake pisang.

Setelah membaca akan manfaat pisang untuk kesehatan dan kecantikan di atas, mulai saat ini mari kita benar-benar sedikit lebih perhatian dengan pisang beserta kulitnya.

faedah pisang telah tak diragukan lagi, ini sebabnya pohon pisang menjadi salah satu tanaman yang menjadi primadona di Indonesia. Hampir di tiap pelosok daerah, terkandung beragam macam pisang.

Bahkan disetiap kebun-kebun terkandung setidaknya adanya 1 buah pohon pisang. Buah yang satu ini jelas jelas multi guna, beragam jenis makanan memakaikan buah pisang sebagai bahan basis maupun pendampingnya

Kandungan Gizi Pisang

manfaat pisang untuk kesehatan

Pisang

Pisang ialah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia buat sebab mengapa yang baik. Buah kuning berupa melengkung yang dibungkus dengan segudang gizi besar.

Pisang tumbuh setidaknya disekitar 107 negara serta menduduki rank keempat di antara dunia tanaman pangan yang di nilai secara moneter .

Manfaat kebugaran yang bisa jadi didapatkan dari mengkonsumsi pisang diantaranya membuat turun resiko kanker, asma, membuat turun tekanan darah serta menaikkan kebugaran jantung.

Rincian gizi pisang ukuran sedang (sekitar 126 gram) dikata satu porsi. Satu porsi pisang mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat serta 1 gram protein. disamping itu, pisang menyediakan beragam vitamin serta mineral :

  • Vitamin B6 – 0,5 mg
  • Mangan – 0,3 mg
  • Vitamin C – 9 mg
  • Kalium – 450 mg
  • Serat – 3g
  • Protein – 1 g
  • Magnesium – 34 mg
  • Folat – 250. mcg
  • Riboflavin – 0,1 mg
  • Niacin – 0,8 mg
  • Vitamin A – 81 IU
  • Besi – 0,3 mg

Asupan pisang yang disarankan buat orang dewasa ialah 4700 miligram per hari

Manfaat Pisang amat Baik buat Kesehatan

Menambahkan pisang dalam menu diet harian, mempunyai beragam faedah dalam badan. Pisang menolong badan mencapai sasaran penurunan berat, merawat perut tetap sehat, membagikan nutrisi yang memanage irama jantung serta mempunyai senyawa vitamin buat kebugaran mata

1. Melancarkan peredaran darah

Pisang mempunyai kandungan potasium yang baik buat peredaran darah. Kandungan kalium mebantu memanage tekanan darah. Perihal ini bisa menekan risiko stroke yang mengakibatkan munculnya tanda penyakit jantung

2. menolong pencernaan terhadap usus

Serat yang terdapat dalam pisang amat baik buat kurangi risiko sembelit. tak butuh memakaikan obat pencahar, cukup konsumsi saja buah pisang.

Mencampur pisang dengan segelas susu, menolong kurangi risiko penyakit usus layaknya yang mematikan seprti terjadiya tanda kanker usus besar. Pisang dipakai buat menahan inflamasi pasal sistem tersebut bisa dipercepat dengan vitamin C pisang

3. merawat kebugaran Mata

Manfaat pisang menolong merawat kebugaran mata. Pisang mempunyai sebanyak vitamin A, yang larut dalam lemak serta amat serius buat melindungi mata.

Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata serta merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. bentuk makanan vitamin A yang cukup juga kurangi resiko kebutaan serta amat serius buat penglihatan sehari-hari

Wanita memerlukan 700 mikro gram vitamin A tiap hari, serta laki laki memerlukan 900 mikro gram Satu pisang sebesar 6 inci, mempunyai hampir 10 mikro gram vitamin A. Pisang juga mengandung alpha karoten serta beta karoten, yang diganti menjadi vitamin A buat lebih merawat kebugaran mata

4. Menormalkan guna Jantung

Mengkonsumsi pisang saat sarapan tiap hari, akan memperbanyak nutrisi buat badan yang mendukung guna jantung. Pisang kaya mineral yang dikatakan elektrolit kalium.

Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melewati dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di semua badan serta larut dalam cairan sel

Proses ini terus mengalir di semua proses tubuh, yang diperlukan buat bikin jantung tetap berdetak. Dalam problematika kelemahan kalium yang parah, irama jantung bisa jadi menjadi tak teratur, yang bisa mematikan

Manfaat Pisang buat Pengobatan

Kandungan buah pisang yang kaya nutrisi ini, juga membagikan faedah sebagai media penyembuhan layaknya berikut ini :

5. kekurangan darah – Kandungan FE ( zat besi) menjadikan buah ini baik dikonsumsi buat penderita kurang darah. Konsumsi 2 buah pisang perhari

6. Asma – sesuatu penelitian yang dilaksanakan oleh Imperial College London mendapatkan jikalau anak-anak yang makan cuma satu buah pisang per hari mempunyai peluang 34% lebih kecil buat merasakan asma

7. Liver – Buah pisang yang dicampur dengan madu, membagikan stimulan buat nafsu makan bagi penderita lever

8. Diabetes – studi sudah tunjukkan jikalau diabetes tipe 1, yang menkonsumsi diet tinggi serat mempunyai kadar glukosa darah serta menaikkan lipid serta insulin. Satu pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 3 gram serat

9. Diare – Jenis makanan layaknya saus apel serta pisang, disarankan buat perawatan diare. Elektrolit layaknya kalium, akan lenyap dalam hitungan besar sepanjang waktu diare, sehingga bisa bikin penderita yang terserang akibat merasa lemah

Manfaat Pisang dapat Menyehatkan Otak

Pisang sebagai sarapan di kalangan negara maju menjadi salah satu choices terbaik. Campurkan potongan pisang terhadap sereal, membagikan asal pati kalori yang cukup buat mengawali aktivitas.

sesuatu studi yang diikuti 200 pelajar, mengedepankan jikalau konsentrasi belajar mereka menaik dari ketika menjadikan menu pisang terhadap sarapan.

Kandungan kalium terhadap pisang, membagikan stimulun terhadap otak. terhadap bayi yang baru memulai memakan makanan padat, pisang menjadi choices yang baik pasal bertekstur lembut serta baik buat pernyebaran otak bayi

Manfaat Pisang Baik Bagi Ibu Hamil

Seorang ibu hamil membutuhkan konsumsi yang baik buat pribadinya serta janin yang dikandung. Asam folat menolong mencegah cacat bawaan terhadap anak. Sekitar 85-100 kalori terdapat dalam pisang,

Perihal ini serius buat penjawantah sel-sel baru terhadap janin. Disamping itu pisang bisa kurangi morning sickness terhadap ibu hamil serta merawat kadar gula darah tetap statis terhadap ibu hamil.

Buat lebih menunjang peningkatan janin yang sehat, diperlukan juga mengkonsumsi kacang-kacangan buat menemukan faedah kacang hijaudan faedah kacang merah.

Kesimpulan:

Manfaat pisang untuk kesehatan mencakup banyak hal, mulai terhadap keperluan bentuk makanan makanan sehari-hari, media penyembuhan hingga buat ibu hamil. awalilah menjadikan pisang sebagai salah satu menu makanan anda.

wikipedia

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *