Manfaat Delima untuk Kesehatan (Padang Pasir)

Manfaat Delima untuk Kesehatan ManfaatUtama.com Sudah tahu manfaat buah delima putih? Atau ingin tahu manfaat buah delima untuk kesuburan?

Bentu buah delima mirip seperti apel, hanya isi buahnya hanya biji – biji kecil berdaging, bentuknya bulat agak pipih, bersusun tak beraturan.

Warna daging bijinya merah, merah muda atau putih. Nama latin buah delima adalah Punica Granatum yang berarti buah apel yang banyak bijinya. Cara makan buah delima tinggal buka dan makan saja yang ada di dalamnya.

Delima berasal dari Timur Tengah. Tumbuh didataran rendah, di tanah yang gembur tapi tidak terendam air. Baik jenis delima putih maupun merah semua memiliki khasiat tersendiri terutama untuk kesuburan.

Tinggi pohonnya sekitar 2,5 meter. Biasanya delima ditanam di kebun-kebun, atau di depan rumah sebagai tanaman hias, karena jenis pohon perdu dengan batang pohon yang ramping dengan daun kecil.

Bagi sobat yang kurang tahu akan manfaat delima untuk kesehatan, berikut ini beberapa penjelasan singkat akan, kegunaan akar, pohon, dan daun delima yang dapat kita manfaatkan untuk kecantikan.

manfaat delima untuk kesehatan

Manfaat Delima untuk Kesehatan

Hebatnya, dari buah, bunga, kulit serta akarnya sangat kaya manfaat. Terutama digunakan sebagai obat herbal tradisional keluarga.

Manfaat Buah dan Biji Delima

Buahnya sangat kaya vitamin dan antioksidan, penangkal radikal jahat. Jus buah delima mempunyai kandungan antioksidan lebih tinggi dari buah – buah lainnya.

Tentunya para pembaca tahu, antioksidan adalah zat yang melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh yang sehat.

Cara Membuat Jus Delima

Jika sedang sariawan, atau radang tenggorokan, bisa mencoba minum jus buah delima yang kaya vitamin C dengan rasa yang lezat.

Manfaat Akar Delima untuk Kesehatan

Akar dan kulit buah delima sangat terkenal sebagai ramuan untuk mengobati cacing dan parasit usus yang menyebabkan diare dan sakit perut.

Manfaat Bunga Delima untuk Kesehatan

Pernah merasakan radang gusi sampai berdarah, hingga taj enak makan? Manfaat delima untuk kesehatan dapat sobat coba dengan cara berkumur dengan rebusan bunga delima.

Dalam dunia moderen sekarang ini, banyak karya ilmiah yang telah diterbitkan mengupas tentang delima.

Terbukti dalam percobaan klinis ataupun orang-orang yang sudah mencoba mengkonsumsi merasakan efek menakjubkan pada kesehatan tibuhnya.

Dari semua penelitian di atas dapat disimpulkan kalau manfaat delima untuk kesehatan karena faktor kandungannya seperti penjelasan berikut ini.

Mengandung Antioksidan

Disebutkan dalam banyak penelitian, buah delima kaya antosianin sebagai antioksidan dan anti-inflamasi.

Kandungan antioksidan pada jus delima dinyatakan lebih besar dibandingkan dengan anggur, blueberry dan teh hijau.

Antioksidan pada buah delima dapat menurunkan kadar LDL (kolestrol jahat) dan meningkatkan HDL (kolestrol baik).

Membantu Mencegah dan Mengobati Kanker

Kanker merukan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi sebagian kita.

Selain menjaga pola makan, pola hidup dan pola pikir, buah delima menjadi salah satu alternatif untuk membantu mencegah dan mengobati kanker.

Dari hasil studi dan penelitian, menunjukkan bahwa sari buah delima membantu menghancurkan sel-el kanker tanpa merusak sel yang sehat.

Konsumsi sari buah delima juga membantu menghambat pertumhuhan sel-sel kanker, sehingga mengurangi kebutuhan kemoterapi.

Manfaat Delima – Sebagai Kontrasepsi Alami

Pada abad ke-2, seorang dokter yunani bernama Soranus, penulis awal ginekologi menyebutkan bahwa biji delima ampuh sebagai kontrasepsi alami.

Ahli kedoktetan muslim, ibnu sina pun menjelaskan penggunaan biji delima untuk mencegah konsepsi (kehamilan).

Studi laboratorium terhadap seekor kelinci percobaan betina yang diberi makan biji delima, terbukti tidak hamil setelah dikawinkan dengan pejantannya.

Dari penelitian itu menunjukkan pula bahwa setelah rentang 4 bulan tidak mengkonsumsi biji delima, kesuburan kelinci betina kembali normal.

Melindungi Jantung dan Menurunkan Tekanan Darah

Dengan mengkonsumsi buah delima, mencegah penumpukan plak di arteri yang menyebabkan aliran peredaran darah lancar, sehinggga bisa membantu melindungi janting kita.

Studi pada Journal of Cardiology menyebutkan, seorang pasien penyakit jantung koroner yang rutin minum sari buah delima setiap hari selama tiga bulan akan meningkatkan aliran darah ke jantung sekitar 17%.

Studi lain menyebutkan, bahwa minum 1.7 ons jus delima perhari bisa menurunkan tekanan darah sistolik sekitar 5%.

Manfaat Delima – Melindungi Otak Bayi

Pediatrik Research memublikasikan sebuah studi bahwa ibu hamil yang meminun jus buah delima selama kehamilan dapat membantu melindungi otak bayi yang baru lahir karena kelahiran traumatic.

Manfaat Delima untuk Kesehatan – Melindungi Gigi

Dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum jus delima adalah salah satu cara alami untuk mencegah plak pada gigi.

Mencegah Osteoarthritis dan Penyakit Alzheimer

Sebuah penelitian yang dilakukan di Case Western Reserve University yang diterbitkan dalam The Journal Of Nutrition, ekstrak delima dapat menurunkan tingkat inteleukin-ib (suatu jenis zat kimia) dan enzim yang mengikis tulang rawan dan membuat inflamasi (peradangan).

Manfaat Delima sebagai Sumber Nutrisi

Buah delima terbukti kaya nutrisi.

Sebuah delima memiliki sekitar 40% kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhkan oleh orang dewasa, yaitu asam folat, serat, kalium niasin, vitamin A dan E.

Daging maupun biji delima bisa dimakan seluruhnya. Biji delima adalah sumber serat dan nutrisi yang baik.

Tips Memilih Buah Delima dan Mengolah serta Cara Makan yang Baik untuk Ibu Hamil

Pilih buah delima yang berat dan tidak retak kulitnya. Sebaiknya buah delima dimakan dalam kondisi masih segar.

Namun, jika Anda ingin menyimpannya, buah delima bisa tahan hingga enam bulan jika disimpan di lemari pendingin.

Delima mempunyai kulit yang keras. Untuk membuka dan mengeluarkan isinya, pertama – tama potong mahkotanta, lalu iris kulitnya darj atas ke bawah tiga sampai empat bagian.

Kemudian, buka kulitnya dengan jari, lalu ambil isi buahnya yang berupa biji-biji daging, masukkan dalam wadah.

Jika Anda nyaman memakan sekaligus dengan bijinya, itu lebih baik. Karena khasiat buah delima banyak terdapat pada bijinya.

Itulah beberapa penjelasan singkat akan manfaat delima untuk kesehatan yang jarang diketahui oleg kita. Semoga dapat memberikan tambahnya pengetahuan.

31 Khasiat Buah Delima

faedah buah delima buat kesehatan

Buah delima merupakan buah yang luarbiasa terkandung banyak faedah terhadap buah delima. Buah delima berasal dari negeri Persia yang saat ini ialah wilayah iran.

Buah delima mempunyai kasiat yang baik buat kebugaran serta Perihal ini sudah dikenaldari ketika 8000 tahun yang lantas oleh masyarakat Persia.

Buah delima mempunyai kandungan potassium yang besar volumenya disamping itu delima juga mempunyai kandungan mineral mineral lain layaknya fosfor kalsium besi serta sodium dan vitamin vitamin A B1 B2 B3 serta vitamin C.

Manfaat delima untuk kesehatan

1. Buah delima mengandung antioksidan yang unggul dengan ditandai ada kandungan asid ellagik yang akan melindungi kelenjar prostat, payudara, organ paru-paru, jantung serta system kandiovaskular.

Buah delima mengandung antioksidan yang unggul dengan ditandai ada kandungan asid ellagik yang akan melindungi kelenjar prostat, payudara vanoids serta polyphecols yang tinggi sehingga antioksidan ini akan menghadapi penyakit jantung serta kanker.

Terhadap sesuatu studi teranyar yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah tunjukkan jikalau buah delima dapat menaikkan kemampuan badan dalam mensintesis kolesterol serta merusakradikal bebas dalam proses vaskular

2. Extrak dari buah delima bisa berbahaya sel kanker dengan demikian buah delima bisamencegah kanker payudara dan membuat turun pernyebaran sel 2 jenis sel kanker kulit yaitu karsinoma sel basal serta karsinoma sel skuamosa

3. Beraksi bersama sodium potassium memanage eqiuleberium air badan serta merawat detak jantung supaya tetap biasa saja.

Buah delima menolong dalam melancarkan peredaran darah dalam badan. Kandungan yang adanya dalam buah delima juga dapat Menormalkan tekanan darah.

Dalam sesuatu studi yang diterbitkan sesuatu jurnal memaparkan jikalau extrak buah delima bisa menolong merawat tekanan darah yang terhubung dengan makanan tinggi lemak

4. Buah delima berguna dalam membuat turun kolesterol. Buah delima mempunyai antioksidan yang bisa kurangi oksidasi LDL atau kolesterol jahat membuat turun kadar LDL serta menaikkan HDL atau kolesterol baik

5. Dengam mengkonsumsi buah delima tiap hari dalam masa sebulan atau lebih bisa berguna buat penyembuhan anemia, arthritis atau dalam bahasa lazimnya radang sendi serta rematik

6. Manfaat delima untuk kesehatan terletak pada antioksidan yang adanya terhadap buah delima akanmembantu dalam memperbaiki sel yang rusak

7. Degan mengkonsumsi buah delima secara acap kali bisa mencegah risiko penyakit kencing manis.

8. Dengan memelihara kadar keseimbangan kadar potassium sodium buah ini juga menunjang kepekaan syaraf serta otot supaya berfungsii secara teratur. Mencegah edema serta kurangikadar gula yang beredar dalam darah.

9. Mengkonsumsi delima setidaknya satu delima dalam sehari sepanjang 1 bulan atau lebih akan berguna buat penyembuhankekurangan darah arthritis serta rematik.

Selain manfaat lain yang meluas ke jantung serta alteri dimana mengobati pengerasan pembulu darah serta mencegah struk serta beragam macam jenisnya.

Kesimpulan Manfaat Delima untuk Kesehatan

10. Buah delima juga berguna buat melindungi hati serta ginjal. Ekstrak dari buah delima bisa mencegah kehancuran hati yang dikarenakan oleh racun berbahaya.

Disamping itu buah delima juga dapat meregenerasi hati yang merasakan kehancuran. Oleh pasal itu amat baik mengkonsumsi buah delima secara acap kali buat merawat hati serta ginjal anda supaya teteap sehat.

11. Manfaat delima untuk kesehatan kaya akan vitamin C dengan kandungan ini buah delima akan menaikkan proses kekebalan badan sehingga badan anda takakan mudah sakit

12. Buah delima mempunyai kandungan polifenol dosis tinggi polifenol dosis tinggi, polifenol tersebut dapat kurangi sistem biokimia yang terhubung dengan alergi jadi buah ini juga mempunyai sifat anti alergi

13. Kandungan Fitonutrien serta antioksidan dalam buah delima berinteraksi dengan materi genetik dalam badan sehingga buah ini dapat melindungi DNA

14. Buah delima menolong dalam pengaturan gula darah pasal kandungan dalam buah delima dapat menaikkan sensitivitas insulin sehingga dapat menghadapi peradangan juga menaikkan beragam factor terhubung sindrom metabolis yang kerap berkaitandengan kegendutan serta pemicu diabetes.

Dengan pengaruh yang di memberi oleh buah delima sehingga buah ini dapat membuat turun berat badan, jadi akan amat baik bila buah delima masuk dalam menu diet bugar anda.

15. Kandungan extrak yang adanya dalam buah delima bisa menaikkan efektifitas obat yang dipakai pada tumbuhan garam negatif sehingga diketahuisebagai resisten pada obat oleh pasal itu delima bisa melindungi badan dari infeksi

16. Buah delima dapat memperlambat pernyebaran penyakit yang terhubung umur sehingga buah ini dikatakan sebut dapat melindungi badan anda dari penyakit Alzheimer

17. Dalam ekstrak biji delima mempunyai kandungan polifenol sehingga bisa memulihkan sel-sel leukemia yang rusak hingga kembali menjadi normal.

18. Buah delima disebu-sebut sebagai asal pati nutrisi yang baik pasal dalam 1 buah delima mempunyai sekitar 40 % vitamin C, disamping itu buah delima juga mengandung folat, serat, kalium, niasin serta vitamin A serta E
jus-buah-delima

Manfaat buah delima buat kecantikan

19. Asam folat serta antioksidan dalam buah delima merangsang manyaktoksid dan menaikkan kecantikan kulit

20. Kandungan gula dalam buah delima dapat dijadikan bahan scrub buat menyingkirkan sel kulit mati. Dengan mengkonsumsi buah delima secara teratus kulit anda akan kelihatan segar serta awet muda

21. Kulit buah delima bisa dijadikan obat buat menghilangkan jerawat dengan metode mengeringkan kulit delima, tumbuh sampai halus bila anda mau memakaikan ambil serbuk kulit delima tambahkan jeruk nipis campur serta oleskan terhadap wajah, biarkan sampai mengering lantas cuci hingga bersih

Manfaat buah delima buat ibu hamil

22. Manfaat delima untuk kesehatan bisa melindungi otak bayi semasa kelahiran. sesuatu kajian Pediatric Research mengatakan : dengan meminum jus buah delima sepanjang waktu hamil akan menolong melindungi otak bayi yang baru lahir.

23. Buah delima mempunyai kandungan asid folik, seorang ibu hamil yang selalu mengkonsumsi buah delima lebih memilih melahirkan anak yang bugar serta cerdas danbuah ini bisa mencegah kecacatan.

24. Jus dari buah delima bisa meredakan kejang terhadap kaki yang biasa di natural oleh ibu hamil
Demikian tadi faedah buah delima buat kebugaran badan.

Bila anda ingin membeli buah delima pilihlah buah delima yang berat dan mempunyai kulit yang segar. Buah ini akan bertahan amat lama bila di simpan didalam lemari es.

Buah

delima amat baik buat kebugaran oleh pasal itu buat merawat kebugaran anda, tak ada salahnya bila anda rajin mengkonsumsi buah delima serta menjadikan buah delima masuk dalam menu makan anda.

Selesesai sudah penjesalan singkat manfaat buah delima untuk kesehatan yang banyak diburu orang hingga kini. Jangan sampai Anda ketinggalan mengkonsumsi baik dibuat penyegar maupun penyembuh penyakit.

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *