Manfaat Madu untuk Kesehatan (Minuman Lezat dari Perut Lebah)

Manfaat Madu untuk Kesehatan ManfaatUtama.com Siapa yang tidak suka madu? Sangat rugi kalau belum pernah merasakan dan menikmati madu manis dan super lezat.

Madu untuk olesan roti, disiram di atas pancake atau campuran jus buah yang segar. Hmm…pasti semua orang akan ketagihan kalau sudah pernah merasakannya. Apalagi kalau tahu khasiat dan manfaatnya.

Madu adalah cairan yang dihasilkan oleh lebah. Serangga imut yang suka menyengat ini merupakan salah satu hewan istimewa.

Karena istimewanya, namanya menjadi sebuah nama dalam Al-Quran.

Lebah istimewa, karena dia pekerja giat, hanya memilih makanan dari bunga terbaik dan mengolahnya menjadi bermanfaat bukan hanya untuk dirinya sendiri.

Sedari dulu manfaat madu untuk kesehatan sudah diuji coba mampu menyembuhkan aneka macam penyakit mulai dari yang ringan hingga penyakit berat.

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Mengenal Madu Minuman Lezat dari Perut Lebah

Makanan lebah adalah sari bunga, kemudian diproses dalam perut lebah menjadi cairan bermacam warna yang sangat kaya manfaat.

Allah menyebut cairan bermacam warna, karena warna madu bermacam – macam sesuai jenis bunga yang dihisap oleh lebah.

Bukan hanya madu tapi lebah juga menghasilkan cairan putih yang dikenal dengan nama susu lebah atau Royal Jelly, juga serbuk bunga yang disebut pollen.

Keistimewaan Lebah dan Madu

Kalau ada yang bertanya, tempat apakah yabg paling steril di dunia?

Pasti akan dijawab “sarang lebah”. Bagaimana bisa? Karena lebah memproduksi suatu zat yang disebut ‘propolis’ (resin lebah). Fungsinya untuk pembalsaman, terhadap benda asing yang masuk ke dalam sarang.

Benda – benda asing yang masuk dibalsam, agar tidak membusuk dan membawa bakteri. Resin lebah juga digunakan untuk menambal sarang, hingga sarang lebah bertahan dari ancaman.

Selama berjuta – juta tahun lebah membangun sarang dengan struktur enam.

Ternyata penelitian ahli matematika menunjukkan bahwa “struktur segi enam bentuknya geometris yang paling cocok untuk memanfaatkan setiap area unit secara maksimal.”

Bentuk segi enam memerlukan bahan pembangun paling sedikit, tapi bisa menyimpan madu dalam jumlah lebih banyak.

Menakjubkan, siapa yang mengajari lebah ilmu yang sedemikian rumit. Manusia saja menemukan dengan mengadakan penelitian bertahun – tahun.

Madu tersusun atas beberapa senyawa gula seperti glukisa dan fruktosa. Serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, klor, belerang, besi, dan fosfor.

Disamping itu, madu juga mengandung bermacam vitamin yang komposisinya bisa berubah – ubah sesuai jenis kualitas nektar yang dihisapnya.

Para ilmuan sudah membuktikan dengan bertemu pada konferensi apikultur di Cina pada 1993, membahas pengobatan dari madu.

Bahkan para ilmuan dari Amerika mengatakan bahwa madu, serbuk sari (pollen), royal jelly dan propolis dapat mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan para dokter telah mengujinya pda beberapa pasien.

Lebah memproduksi madu jauh melebihi kebutuhannya, semata – mata agar madu bisa bermanfaat oleh manusia.

Manfaat dan Khasiat Madu untuk Kesehatan

Sejak zaman Nabi Muhammad SAW, manfaat madu untuk kesehatan sudah digunakan sebagai obat.

Ilmuan muslim terkemuka, Ibnu Sina, bapak kedokteran dunia bahkan sejak abad ke 10 – M sudah meneliti dan mengulas manfaat madu di dunia kedokteran.

Hingga Ibnu Sina selalu minum madu untuk menjaga kesehatan, agar awet muda dan berumur panjang. Menurut Ibnu Sina, madu dapat menyembuhkan berbagai penyakit dari yang kecil sampai besar.

Itulah sebabnya, sebagian orang sudah menyediakab madu di rumahnya sebagai barang wajib. Tentunya dengan memilih yang berkualitas terbaik.

Mungkin masig banyak yang belum tahu apa saja manfaat madu yang sangat luar biasa itu. Berdasarkan penelitian dan telah banyak diuji coba, beberapa manfaat madu untuk kesehatan dapat dibaca sebagai berikut:

Sebagai Obat Luka, Merangsang Pertumbuhan Jaringan

Kalau Anda luka karena terjatuh, terkena benda tajam, atau luka bakar, untuk pertolongan pertama bisa segera mengoleskan madu di atas luka yang telah dibersihkan sebelumnya. Karena madu mengandung enzin oksidase glukosa.

Zat yang bersifat antiseptik kuat. Enzim, serbuk sari, vitamin, dan mineral dalam madu merangsang pertumbuhan jaringan baru. Sehingga luka cepat sembuh dan mengurangi bekasnya.

Manfaat Madu untuk Kulit

Sobat pernah mendengar istilah mandi madu atau masker madu? Biasanya dilakukan oleg kaum hawa atau remaja putri.

Bukan beneran mandi pakai madu,  loh! Tapi madu digunakan untuk merawat kulit. Dipakai sebagai campuran lulur atau masker wajah.

Kalau rajin melakukannya akan mengurangi keriput, kulit akan kencang elastis, dan lembab. Jadi tetap kelihatan cantik dan awet muda

Manfat Kandungan Antioksidan pada Madu

Madu mengandung antioksidan sangat tinggi. Antioksidan yang disebut “pinocembrin” hanya bisa ditemukan dakam madu.

Jika mengalami gangguan pernapasan seperti asma, bronchitis, infeksi pernapasan, atau elergi, madu adalah obat yang enak untuk membantu meringankan sakit.

Manis Madu adalah Manis yang Sehat, dan Mudah Dicerna

Madu rasanya manis, gula juga manis bukan? Apa bedanya? Tentu beda, dong. Manisnya gula manis tanpa nutrisi. Tanpa kandungan antioksidan, enzim, dan vitamin di dalamnya.

Jadi kalau ingin makan manis yang menyehatkan, lebih baik mengganti gula dengan madu. Karena molekul gula pada madu dapat berubah menjadj gula lain (fruktosa menjadi glukosa).

Dengan takaran yang sama, madu mengandung kalori 40% lebih rendah dibandingkan gula.

Madu bisa dicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun, meski mempunyai kandungan asam yang tinggi. Madu juga bisa membantu ginjal dan usus untuk brfungsi kembali.

Manfaat Madu untuk Kesehatan – Membantu Pembentukan Darah

Madu menghasilkan banyak energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan dan membersihkan darah.

Madu juga sangat berpengaruh dalam membantu dan mengatur peredaran darah. Jika madu dicampur dengan air hangat, madu dapat berdifusi dalam darah dengan jangka waktu 7 menit.

Mengonsumsi madu dengan campuran air hangat akan membantu otak berfungsi lebih baik, karena otak adalah pengonsumsi gula terbesar.

Hal yang perlu diingat jangan pernah mencampur madu dengan air panas, karena kandungan enzim pada madu akan rusak dan berkurang manfaatnya.

Manfaat Madu untuk Kesehatan – Membunuh Bakteri

Perlu diketahui, bahwa lebah yang baru lahir dalam koloni diberi makan dengan madu encer.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa madu yang diencerkan dengan air meningkatkan sifat anti bakterinya 2 kali lipat. Sifat madu yang anti bakteri disebut “efek inhibisi”

Manfaat Royal Jelly pada Lebah

Royal jelly merupakan cairan putih yang dihasilkan kelenjar hypopharyngeal lebah bekerja. Royal jelly adalah makanan bagi ratu lebah mulai larva hingga seumur hidupnya. Itulah yang menyebabkan ratu lebah mempunyai ukuran tubuh lebih besar dari lebah bekerja.

Maka dari itu, kandungan royal jelly pada madu sangat berkhasiat untuk menjaga stamina, memperbaiki kerusakan jaringan tubuh, memperbaiki masalah hormonal juga bisa meningkatkan fungsi reproduksi.

Berbicara manfaat madu untuk kesehatan, tercatat sebuah cerita dari temen saat melahirkan anak pertama melalui operasi cesar.

Saat melahirkan anak kedua, menginginkan agar dengan cara normal. Dokter kandungan memberikan saran untuk mengganti gula dengan madu.

Alhamdulillag dengan lancar dan normal bayi keluar dengan selamat. Karena kandungan kalori yang tidak menambah berat badan dan nutrisi pada madulah membuat bayi dalam kandungan tetap sehat, meski berat badan lahir bayi kecil.

Baca juga yuk,..Manfaat Bumbu Dapur untuk Kesehatan

Khasiat Madu Lebah

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Manfaat madu amat banyak sekali, disamping buat kebugaran madu juga berguna buat beragam penyakit serta keluhan lain yang berhubungan dengan badan manusia.

Cairan Madu ialah salah satu benda cair yang amat ajaib serta amat hebat dan berguna bagi kebugaran badan. lain hal dengan faedah buah, dalam cairan madu ini bisa dipakai serta digunakan buat mengobati beragam penyakit serta keluahan layaknya menyembuhkan sariawan, menaikkan kekebalan tubuh, menghilangkan jerawat serta sebagainya

Manfaat madu buat kebugaran begitu banyak serta amat berbagai. Salah satu faedah madu yakni dapat memperbanyak stamina badan kita. Jadi jelas jelas tak mengejutkan kalau banyak sekali iklan makanan serta minuman bugar penambah stamina di tv senantiasa mengandung serta menempatkan madu meskipun dengan kadar yang kecil Manfaat Madu

Manfaat madu untuk kesehatan setidaknya terkandung lebih dari 10 faedah yang amat baik buat kebugaran. Khasiat Madu lainnya yang bisa jadi telah dikenal banyak orang yakni sebagai pemanis natural buat minuman maupun bahan makanan lainnya.

Lain hal dengan faedah daun sirsak, disamping berguna bagi kebugaran tubuh, nyatanya madu juga bisa berguna bagi kecantikan kulit wajah serta tubuh.

Selain gampang didapat, metode yang dipakai juga cukup gampang serta cukup menghemat masa serta energi. faedah Air Putih serta madu jelas jelas amat baik buat kesehatan

Manfaat madu buat kebugaran ialah sebagai berikut :

Sebuah penelitian 2007 dari Penn State College of Medicine yang melibatkan 139 anak-anak, mendapatkan jikalau madu amat efisien dalam menghilangkan batuk. Dekstrometorfan (DM) dalam madu bisa menenangkan batuk terhadap malam hari buat anak-anak serta menaikkan nilai mutu tidur mereka.

Studi lain juga perna diumumkan di Pediatrics yang dilaksanakan terhadap 270 anak-anak berumur 1-5 yang merasakan batuk terhadap malam hari pasal pilek. Dalam studi ini, anak-anak yang meminum dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur merasakan penurunan intensitas batuk dibandingkan dengan mereka yang tak meminum madu.

Selain buat mengatasi serta menolong problem kebugaran di atas, madu juga efisien buat :

  1. Mengatasi alergi serta asam
  2. Mengatasi sakit perut
  3. Mencegah stress
  4. kurangi resiko serangan jantung
  5. Mencegah risiko penyakit alzheimer
  6. Mencegah penyakit kuning
  7. Mencegah tumor di beragam area tubuh

Selain faedah di atas, masih banyak lagi khasiat madu yang bisa kita manfaatkan buat beragam bidang
Madu buat Ibu Hamil.

  • memperbanyak energi serta membagikan daya tahan sepanjang kehamilan
  • Madu bisa menaikkan nafsu makan ibu hamil
  • Memudahkan BAB bagi bumil
  • menolong janin dalam kandungan tumbuh biasa saja serta sehat
  • Menguatkan Janin
  • Vitamin C yang terkandung terhadap madu, efisien buat menaikkan kecerahan serta daya tahan badan ibu hamil
  • Madu menolong kurangi rasa mual
  • Mencegah terjadinya penyakit hepatitis B terhadap janin kelak
  • Madu bisa mencegah ibu hamil terhindar dari beragam penyakit sepanjang kehamilan yang bisa jadi menginterupsi
  • janin Madu mempunyai nutrisi yang amat kaya buat keperluan ibu saat hamil

Manfaat Madu buat Wajah

Selain buat kebugaran serta ibu hamil, madu sudah dipakai buat perawatan kecantikan kulit wajah semenjak dahulu kala. tak terkejut jikalau dari ketika jaman dahulu sudah banyak produk kecantikan yang memanfaatkan madu sebagai bahan pembuatannya. Berikut ialah khasiat madu buat wajah :

  • Madu diyakini serta sudah dipakai dengan perpaduan herbal lain buat menghilangkan jerawat
  • Madu dipakai bersama herbal lain buat menghilangkan komedo
  • Menghilangkan flek hitam
  • Menghilangkan bekas jerawat
  • Mencerahkan kulit wajah
  • Mengecilkan pori pori wajah
  • bikin kulit wajah tampak bersinar serta berseri-ser
  • bisa dipakai sebagai bahan masker wajah
  • bisa dipakai sebagai bahan buat membersihkan kulit wajah dari radikal bebas
  • membagikan kulit wajah yang lebih halus

Madu buat Kecantikan

Terlepas dari seluruh faedah yang sudah diutarakan sebelumnya, madu sudah diketahui di beragam kalangan amat menolong dalam bidang kecantikan, berikut ialah sebagian peran madu buat bidang kecantikan.

  • Mencegah penuaan dini
  • Mencegah kulit keriput
  • Mencegah kulit kehitaman saat tua
  • Mencegah munculnya jerawat
  • Madu bisa mencegah iritasi kulit serta alergi

Untuk rambut:

  • Madu buat menghitamkan rambut
  • Madu buat bikin rambut lebih kuat
  • Madu menghilangkan rambut bercabang
  • Madu buat membasmi “Buah rambut”
  • Madu buat bikin rambut lebih lurus

Tips memakaikan Madu

Madu kebiasaannya dipakai dengan 2 metode paling umum serta efek samping minum madu tiap hari pastinya ada. Berikut penjelasannya:

Diminum langsung. Anda bisa meminum langsung madu sesuai dengan takaran yang disarankan Dijadikan masker. Untk perawatan kecantikan kebiasaannya madu akan dijadikan masker bersama dengan herbal lainnya
Peringatan:

Lebih baik tak diberikan terhadap bayi, Spora dari Clostridium botulinum sudah diciptakan meskipun dalam persentase kecil dari madu di Amerika Utara. Perihal ini tak mematikan buat orang dewasa serta anak-anak, tapi bayi dapat mempunyai reaksi yang penting terutama yang belum genap 1 tahun.

Jangan tambahkan madu terhadap makanan bayi atau dipakai sebagai penenang buat menenangkan bayi rewel Madu juga mengandung gula, jadi jangan konsumsi secara berlebihan contohnya dalam satu botol. Ia mempunyai nilai kalori tinggi serta akan mengakibatkan kadar terhadap gula tinggi

Manfaat madu untuk kesehatan amat besar, namun jelas saja sesegera mungkin dipergunakan secara bijak serta jangan konsumsi secara berlebihan, diusahakan sebelum mengkonsumsi konsultasi dulu dengan dokter terdekat.


     wikipedia    healthline.com

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *