7 Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

Manfaat Sayur Kangkung ManfaatUtama.com Sudah tahu efek samping kangkung? Atau ingin tahu khasiat kangkung untuk kecantikan?

Dalam istilah botani, kangkung di namai latin dengan ipomea aquatic forsk.

Mengenal Kangkung Lebih Dekat

Ada dua jenis kangkung yang bisa ditemui dalam masyarakat, yaitu kangkung darat yang terkenal dengan kangkung cina, dengan ciri-ciri memiliki bunga berwarna putih bersih, batang dan daunnya kecil, warna batah putih kehijau-hijauan serta berbiji.

Selanjutnya adalah kangkung air (ipomea aquatic), yang lebih banyak tumbuh liar seperti disawah, parit tepi sungai, dan lain sebagainya. wikipedia.org

Bunganya berwarna putih kemerah-merhan, batang dan daunnya besar, dan warna batangnya lebih hijau pekat.

Kangkung berfungsi sebagai penenang (sedaktif) dan mampu menetralisir racun serta menghilangkannya dari dalam tubuh. Oleh sebab itu, tubuh menjad rileks.

Berikut ini merupakan penuturan manfaat sayur kangkung untuk kesehatan dari Herminia de Guzmán Ladion, pakar kesehatan dari filiphina, memasukkan kangkung dalam kelompok tanaman penyembuh ajaib.

Manfaat Sayur Kangkung

Manfaat Sayur Kangkung

Kandungan Kangkung dan Vitamin

  • Energy
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Vitamin c
  • Air
  • Kalsium
  • Vitamin b1

Khasiat dan manfaat kangkung

1. Manfaat daun kangkung sebagai pencegah sembelit

Masak atau tumislah sayur kangkung dan usahakan lebih banyak batangnya, karena batang kangkung yang masih muda mengandung serat kasar yang tinggi.

Selain itu, manfaat kangkung untuk diet akan sobat dapati dengan catatan cara masak tanpa menggunakan minyak goreng.

2. Manfaat sayur kangkung – pencegah insomnia

Menurut pakar kesehatan dari filiphina, herminia de guzman ladion, berbekal kandungan vitamin A ,B,C, plus mineral seperti kalsium, fosfor, seng, magnesium,karoten, dan zat besi, daun dan batang kangkung mempunyai efek menenangkan susunan saraf, sehingga mengonsumsi kangkung dengan kadar yang baik akan membuat kita merasa santai dan enak tidur dan baik untuk mengatasi insomnia.

3. Membentuk sel darah

Manfaat sayur kangkung berikutnya dengan melihat kondisi yang lemas, pusing dan pandangan kabur adalah ciri awal kekurangan zat besi yang sangat di anjurkan untuk mengonsumsi kangkung karena tingginya kandungan zat besi dalam kangkung yang berperan membentuk sel darah merah.

Cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah menambah asupan zat besi dalam tubuh kita. Salah satunya dengan mengkonsumsi sayur kangkung.

4. Menjaga kesetabilan penglihatan mata

Kangkung mengandung vitamin A yang sangat tinggi, bahkan 100 gr kangkung mengandung 6300 iu dan sangat baik untuk kesehatan mata.

5. Menjaga diabetes militus

Ekstrak kangkung dipercaya dapat menjadi antidiabetes, karena ekstrak sayur kangkung akan menghambat penyerapan kadar gula dalam tubuh kita.

6. Manfaat kangkung untuk kecantikan – mencegah mimisan

Manfaat sayur kangkung sangat baik bagi kesehatan terutama bagi penderita mimisan atau keluar darah dari hidung yang sering terjadi pada anak-anak, mengonsumsi kangkung menjadi langkah yang sangat tepat.

Bahkan, langkah pengobatannya sangat mudah, cukup dengan seikat daun kangkung segar, cuci bersih, tumbuklah sampai halus.

Tambahkan sedikit gula aren dan seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, saring, minum 2 kali sehari.

Mimisan pun akan berangsur hilang.

7. Mengobati sariawan dan gusi berdarah

Manfaat sayur kangkung yang kita temukan tidak hanya kaya vitamin A, kangkung juga kaya vitamin C yang sangat baik bagi tubuh.

Mengonsumsi daun dan batang kangkung di percaya baik untuk mencegah sariawan dan gusi berdarah.

Dalam setiap 100 gr kangkung terdapat 298 mg purin. Oleh karena itu, konsumsi kangkung perlu diwaspadai bagi penderita penyakit asam urat.

Purin sendiri merupakan bentuk turunan nucleoprotein, yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh.

Nah, manfaat sayur kangkung juga sangat baik untuk ibu hamil, dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. Karena sayur kangkung diketahui memiliki kandungan yang lengkap bagi ibu hamil.

Cara Masak yang Baik Agar Bahaya Kangkung tidak Timbul

Jangan masak kangkung terlalu lama.

Sudah menjadi kebiasaan dikalangan masyarakat untuk membudidayakan kangkung ditepian sungai dan parit. Maka dari itu, ketika hendak mengkonsumsi kangkung, pastilah mencucinya sampai bersih.

Bila tidak langsung di masak, taruhlah kangkung dalam wadah tertutup simpan di lemari pendingin agar semua vitamin dan zat gizinya tetap terjaga.

Ketika memilih kangkung, pilihlah yang masih segar, daun tidak menguning, tidak terlalu tua, warna cerah dan tidak buram, dan jangan di konsumsi setelah semalam sejak di olah karena bisa mengandung enzim perokside yang bersifat merusak. Ini merupakan bahaya kangkung yang harus sobat ketahui.

Ketika dimasak, jangan memasaknya terlalu lama karena dapat menghilangkan kandungan gizinya.

Penelitian Sweeney dan marsh pada tahun 1971, mengatakan bahwa besarnya penurunan aktivitas karotena pada sayuran hijau akibat pemanasan 60 derajat celcius mencapai 20 persen dan merusak komponen gizinya.

Nama Lain Kangkung

Di cina, kangkung disebut dengan nama weng cai, di eropa swamp cabbage, water conuoiibis, atau ada pula yang menyebutnya water spinach.


healthline.com      medicalnewstoday.com

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *