Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan ManfaatUtama.com Sudah tahu khasiat temulawak untuk wajah? Atau ingin tahu manfaat temulawak dan kunyit?

Siapa sih yang tidak kenal temulawak, khususnya masyarakat jawa, yang biasanya digunakan sebagai pencipta rasa pada makanan sekaligus obat herbal alami ibu hamil.

Sudah menjadi ciri khas tersendiri bagi orang jawa bahwa temulawak merupakan jenis tanaman temu-temuan yang sering dibuat campuran minuman alami untuk kesehatan.

Biasanya ramuan ini ada tambahan bahan dari rimpang kunyit, yang kemudian diramu dengan air agak panas dijadikan minuman favorit menghilangkan capek dan pegal linu.

Fakta Mengejutkan Manfaat Temulawak

Ramuan ini biasanya juga di berikan kepada anak-anak yang susah makan.

Temulawak bahkan di percaya juga sebagai jamu yang memperlambat proses panuan, menghilangkan flek hitam di wajah serta menjaga kelenturan tubuh.

Bahkan perempuan sehabis melahirkan disarankan untuk meminumnya. Secara klinis khasiat tumbuhan asli Indonesia ini bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya. Beriku beberapa manfaat temulawak bagi kesehatan berhubungan dengan aktifitas kita.

Manfaat Temulawak bagi Kesehatan

Manfaat Temulawak bagi Kesehatan

Salah satu kandungan dalam temulawak berupa minyak yang dikenal sebagai atsiri dengan khasiat dan manfaat memberikan dorongan agar lahap dalam menghadapi hidangan.

Tak hanya itu, manfaat lain adalah dapat membuat Anda khususnya ibu yang menyusui akan selalu hadir air susu untuk si balita minum.

Bagi orang dewasa ramuan temulawak ini akan memberikan efek baik pada perut, yang utamanya sebagai pembersih.

Selain itu, menurut hasil penelitian, ekstrak temulawak sangat manjur untuk pengobatan penyakit hati dan menurunkan kadar kolestrol dalam darah serta sel hati.

Temulawak termasuk tanaman yang prospektif  untuk di kembangkan. Apalgi kalau tahu cara membuat masker temulawak untuk wajah berjerawat, pastinya tak akan mengeluarkan biaya mahal untuk mengobati jerawat.

Semua tanaman temulawak dapat di manfaatkan, namun bagian yang paling berharga dan dapat di manfaatkan untuk beberapa macam keperluan andalan rimpangnya.

Apa Sih Manfaat Temulawak?

Khasiat temulawak sebagai obat telah lama di kenal, baik di kenal di Indonesia maupun di luar negeri, terutama di jerman dan belanda.

Bagi sobat yang memang tidak ada waktu untuk membuat ramuan dari bahan asli temulawak, bisa mencoba melihat dan bertanya di apotik terdekat kota.

Khasiat temulawak memang telah di ketahui berdasarkan pengalaman (empiris) dan hasil penelitian.

Penelitian-penelitian tentang manfaat temulawak telah banyak di lakukan baik itu di Indonesia maupun di mancanegara sehingga temulawak menjadi satu fitofarmaka.

Nah, berikut ini penjelasan mengenai beberapa manfaat temulawak bagi kesehatan dari tanaman tersebut.

1. Mengenai Gangguan Perut

Manfaat temulawak bagi kesehatan yang pertama ini temulawak dapat memperbaiki segala gangguan perut. Ia mampu mengobati radang lambung, sakit perut karena masuk angin,

Memperbaiki pencernaan, mengobati buang air besar berdarah, disentri dan peradangan usus besar, juga sembelit atau ambeien. Bisa juga manfaat temulawak untuk asam lambung yang digunakan sama persis masalah perut.

2. Cara Mengolah Temulawak untuk liver

Manfaat temulawak bagi kesehatan kini malah sangat baik terutama akan sangat mempengaruhi kinerja liver dalam mengatasi penyakit berat.

Adapaun beberapa penyakit yang masih dalam fase liver adalah seperti, hepatitis, penyakit kuning, baiknya dapat menambah cairan empedu,

Manfaat temulawak bagi kesehatan lainnya dapat Anda gunakan sebagai obat batu ginjal serta yang paling agak parah adalah batu empedu.

Berdasarkan fungsinya sebagai kolagoga, yang mana bekerja berkhasiat menciptakan dan mendorong sekresi empedu, juga menurunkan kadar kolestrol jahat dalam hati.

Yang sudah dikemas bersih oleh pabrik. Namun, alangkah baiknya untuk membuat bubuk temulawak sendiri, karena khasiatnya dapat digunakan sebagai obat kolesistitis,

3. Aktivitas hepatoprotektor rimpang

Temulawak berkaitan dengan aktivitas kholagogum dalam bentuk kolekinetik dan koleretik yang berpengaruh pada hati, kandung empedu dan pancreas.

Uji aktivitas hepatoprotektor curcumin telah di lakukan dengan menggunakan hewan percobaan untuk diinduksi parasetamol dosis tinggi (250 mg/kg BB ) sebagai HEPATOTOKSIK.

Histopatologi mengenai aktivitas hepatoprotektor dilakukan terhadap ekstrak temulawak yang mengandung lima persen kurkumin.

Dengan dosis rendah sekitar lima puluh mg per kg.

Beberapa lalu telah dilaksanakan hasil uji perbandingan menggunakan dosis agak rendah, dengan begitu ekstrak temulawak akan mudah kita konsumsi tanpa efek samping.

www.anneahira.com/tanaman-obat-temulawak.html

4. Manfaat Temulawak untuk Mengobati luka

Temulawak dapat mengobati luka infeksi, eksim, menghilangkan flek-flek hitam dan jerawat serta dan berfungsi sebagai pembersih darah.

5. Manfaat Temulawak untuk Ibu Menyusui

Hasil penelitian mengenai pengaruh infuse rimpang temulawak terhadap pengeluaran air susu mencit menunjukkan bahwa pemberian infuse rimpang temulawak sebanyak 20-40 persen dapat menambah produksi air susu mencit jika di banding control.

Namun ada perbedaan pengaruh antara pemberian infuse sebanyak 20 persen dan 40 persen. Karena manfaat temulawak bagi kesehatan juga harus konsultasi dengan dokter dulu, itu alangkah solusi terbaik.

6. Manfaat Temulawak dapat Menurunkan Kolestrol

Penelitian pengaruh kurkuminoid manfaat temulawak bagi kesehatan terutama terhadap kolestrol total, trigliserida , dan HDL kolestrol darah dilakukan pada kelinci dalam keadaan hiperlipidema.

Hasilnya, pemberian kurkuminoid sebanyak 10 mg, 15 mg, dan 20  mg dalam tween 80  dan air menurunkan kadar kolestrol total dan trigiliseda darah.

Sedangkan dosis 20 mg kurkuminoid dapat menaikkan HDL kolestrol. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa 60 persen kolestrol di produksi oleh tubuh kita.

Hal ini biasanya di peroleh dari pola makan yang banyak mengandung kolestrol sehingga  dalam tubuh kita dan hati kita kesulitan untuk menyalurkannya dan hal tersebut biasanya terjadi pada usia paruh baya.

Salah satu obat herbal yang bisa kita ambil khasiatnya adalah temulawak, hal ini khasiat temulawak untuk kesehatan terutama mengatasi kolestrol tinggi dalam darah.

Dengan demikian, sudah bisa dipastikan jika kolestrol jahat menurun pastinya jenis yang baik akan menaik.

7. Manfaat Temulawak dapat Menyembuhkan Hepatitis B

Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang di sebabkan oleh virus. Virus ini dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun, bahkan sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi kanker hati.

Jika anda atau keluarga anda terkena virus hepatitis B, jagalah kondisi tubuh anda dengan istirahat yang cukup, mengatur pola yang sehat, dan tidak bekerja terlalu berat.

Usahakan untuk meminum secara kontinyu temulawak buatan anda sendiri. Dengan demikian anda akan terhindar dari keganasan virus hepatitis B. Karena manfaat temulawak bagi kesehatan sudah teruji dan menghasilkan dengan tambahan kunyti serta bahan herbal lainnya.

8. Menambah nafsu makan

Hasil pengaruh infuse rimpang temulawak terhadap nafsu makan tikus putih membuktikan bahwa pemberian infuse rimpang temulawak sebesar 4, 8, dan 12 persen dapat menambah nafsu makan.

Penambahan nafsu makan tampak jelas mulai minggu ke 2.

Manfaat temulawak bagi kesehatan tersebut berkaitan dengan efek minyak atsiri yang bersifat karminativum pada temulawak.

Konsumsilah rata-rata sehari 2 gr rimpang temulawak kering. Panaskan rimpang dengan air dalam suhu 90 drajat celcius selama 15 menit.

Setelah itu ramuan disaring, lalu diminum 2-3 kali sehari di antara waktu makan.

9. Memperbaiki Fungsi pencernaan

Dari penelitian Litbank membuktikan sebuah kesimpulan kalau rimpang temulawak berkhasiat menambah cairan pada lambung yang sangat baik buat proses metabolism.

Yang secara perlahan akan merambat juga sangat baik buat kontraksi pad usus halus dalam tubuh. Gunakanlah 2 gr rimpang kering atau 8 gr temulawak segar yang di buat dengan cara di atas.

10. Memelihara kesehatan fungsi hati

Manfaat temulawak bagi kesehatan yang sangat bermanfaat sekali untuk kita terutama dapat memberikan peningkatan pada produksi empedu.

Temulawak juga dapat mengurangi aktivitas enzim glutamate oksaloasetat transiminase (GOT) serta menurunkan aktivitas enzyme glutamate piruvat transaminase (GPT) BAIK, secara pra klinik.

Manfaat Temulawak bagi Kesehatan

11. Manfaat Temulawak untuk Radang dan Nyeri

Penelitian terhadap kurkuminoid sebagai anti inflamasi dilakukan pada mencit dan tikus dan membandingkannya dengan fenilbutazon serta kortison sebagai pembanding aktivitas.

Dinyatakan bahwa kurkuminoid mempunyai aktivitas anti inflamasi yang sama dengan fenilbutazon dan kortison, yaitu mencegah timbulnya oedema pada peradangan akut dan kronik.

Selain itu dilaporkan bahwa toksisitas kurkuminoid lebih rendah dibanding toksisitas fenilbutazon karena curcumin tidak bersifat ulserogenetik dan non toksik terhadap sel-sel darah merah.

Curcumin juga mempunyai sifat menghambat agregasi trombosit. Hal ini telah di uji secara in vitro dan in vivo pada tikus dan mencit.

Hasilnya, kurkumin dapat mensintesis tromboksan A-2 melalui penghambatan sikloksigenase pada jaringan-jaringan vaskuler.

Hal tersebut menunjukkan bahwa  kurkumin mempunyai kemampuan anti arthritis dengan prinsip kerja mirip salisilat.

Salah satu manfaat dari minyak asiri telah diujikan pada hewan yang diyakini memiliki karakter yang terhadap manusian yaitu tikus putih.

Dengan hasil anti inflamasinya ternyata sangat baik, obat antinyerinya (diklofenak) akan membantu bekerj pada tubuh yang lebih panjang.

Kurkum yang terkandung dalam temulawak mempunyai aktivitas anti radang yang setara dengan 100 mg fenibutazon yang dapat mengurangi nyeri dan radang sendi.

Di capai melalui penghambatan migrasi sel-sel leukosit ke daerah radang atau melalui penghambatan pembentukan serta transportasi mediator radang yaitu prosta gladin.

Dari hasil uji klinis menunjukkan adanya perbaikan pada penderita radang sendi. Dosis yang di gunakan uji klinis adalah 400-1/200 mg/hari.

12. Menurunkan lemak darah

Manfaat temulawak bagi kesehatan telah teruji oleh klinik yang menyatakan kalau hasil ekstrak bahan temulawak dapat berefek baik untuk menurunkan lemak dalam darah.

Komponen yang di duga dan diminum pada pagi dan sore hari.

13. Anti Oksidan dan Membantu Pemeliharaan Kesehatan

Kurkuminoid bekerja sebagai antioksidan karena mampu menangkap radikal-radikal bebas oksigen seperti nion superoksid, dan radikal hidroksil sehingga membantu memelihara kesehatan.

Gunakanlah ekstak kering mulawak, lalu minumlah tiga kali sehari masing-masing 250-500 mg.

14. Menghambat Penggumpalan darah

Untuk selanjutnya manfaat temulawak bagi kesehatan terletak pada seluruh bagiannya.

Kandungan kurkuminoid dari temulawak ternyata dapat kita gunakan untuk menghalau darah menggumpal.

Yaitu melalui proses pembentukan senyawa yang dapat membentuk tromboksan dengan senyawa kimia B-2 sebagai tameng darah agar tidak terlalu mengumpul.

Siapkanlah ekstrak kering temulawak, lalu minumlah tiga kali sehari masing-masing 250-600 mg.

Cara Mengolah Temulawak Manfaat Temulawak untuk Lambung

Selesai sudah secarik ulasan tentang manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh kita, bisa juga kita buat ramuan dari masker temulawak untuk kecantikan. Semoga bermanfaat..Yuk bantu berbagi lagi.

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *