Manfaat Masker Mentimun untuk Wajah

Manfaat Masker Mentimun untuk Wajah ManfaatUtama.com Sudah tahukah manfaat mentimun sebagai penghilang jerawat? atau Pengen tahu cara menghilangkan jerawat dengan mentimun?

Yaitu dengan cara membuat masker dari buah mentimun ini, baik dengan campuran kunyit maupun secara alami yang tentunya dilakukan secara rutin setiap hari.

Tak sedikit yang sudah mencoba membuat masker mentimun ini, maka tak heran jika banyak keluar produk dari bahan mentimun yang sudah siap saji.

Hal ini karena kandungan gizi yang ada dalam buah mentimun dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit luar dan dalam dari tubuh kita. Berikut penjelasan singkat dari manfaat masker mentimun untuk wajah.

Manfaat Masker Mentimun untuk Wajah

Manfaat Masker Mentimun untuk Wajah

Jerawat adalah suatu kondisi dimana pori-pori kulit menjadi tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Menurut para ahli tidak ada seorang pun yang melewatkan hidupnya tanpa adanya jerawat.

Beberapa penyebab munculnya jerawat sangat bervariasi seperti:

  1. Faktor keturunan
  2. Kelebihan produksi kelenjar minyak dalam tubuh
  3. sering mengalami stress.
  4. Penggunaan pil KB

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah karena tersumbatnya pori-pori kulit wajah, matinya sel kulit, serta terdapat beberapa bakteri yang tidak dapat keluar secara utuh. Sehingga menjadikan rusaknya kulit di sekitar wajah kita.

Beragamnya jenis kulit kita akan menentukan banyak sedikitnya kemunculan jerawat, dan ini juga ditentukan saat masa-masa puberitas. Utamanya akan menjadi penyakit kulit yang berbahaya jika keadaan minyak terlalu banyak.

Maka tak heran jika Anda para kaum muda sering memanfaatkan mentimun ini untuk menutupi sebagian muka.

Apapun jenis jerawatnya, jangan biasakan dipencet karena akan menimbulkan flek hitam di wajah. Coba atasi dengan pembersihan kulit secara seksama dua kali sehari,

apalagi kalau mau membuat masker mentimun yang dilakukan sebelum tidur pasti lambat laun dapat menghilangkan jerawat. Salah satu solusi agar jerawat kita cepat hilang adalah dengan membersihkan muka setiap saat.

Jerawat bisa datang ke siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, bayi, anak-anak, remaja, dan orang tua. Namun, karena hormon mempengaruhi terjadinya jerawat, maka kaum remaja banyak yang mempunyai keluhan seperti jerawat.

Bagi orang yang sudah menginjak usia dewasa, terutama pada kaum hawa yang biasanya kenaikan perubahan pada hormon, apalagi masa kehamilan, menstrusi yang tidak teratur, serta efek dari pil KB yang kurang cocok.

Jenis-Jenis Jerawat yang Umum Terjadi dan Tumbuh

a. Komedo

Ada dua macam, hitam dan putih. Jika pori-pori banyak yang tertutup, biasanya akan bermunculan jenis komedo putih. Karena tidak bisa keluar sehingga menyebabkan munculnya bakteri, minyak, serta terdapat beberapa sel kulit yang mati.

Namun, jenis komedo putih tidak lama menetap, karena beberap saat pasti hilang sendiri dan berbeda dengan si komedo hitam yang agak lama.

Manfaatkan buah mentimun secara rutin dengan cara membuat masker agar jerawat dapat hilang secara alami.

Kulit Anda mungkin akan muncul jenis komedo hitam jika keadaan pori-pori di sebagian kulit wajah tersumbat, yang mana pada akhirnya menyebabkan jenis bakteri, terutama minyak, serta sel kulit mati tak dapat keluar menuju hawa segar.

Warna hitam di wajah muncul bukan karena kotor. Itu kelainan, pigmen kulit yang teroksidasi. Jenis komedo hitam ini sudah diketahui akan semakin betah mendiami kulit wajah kita.

Dari sinilah sobat bisa menelusuri lebih dalam manfaat masker mentimun untuk wajah secara alami, dan bagaimana cara membuat masker tersebut.

b. Jenis Jerawat Papula

Muncul jerawat yang lunak, kemerahan (pink), tetapi tak ada matanya. Jangan di pencet karena akan memperparah bekasnya. Dahi dan pipi sering jadi sasaran. Manfaatkan buah mentimun dan gunakan sebagai masker.

C. Jenis Jerawat Pustule

Jerawat ini merupakan sebuah butiran kecil yang menempel pada luar kulit wajah kita jika dipencet akan keluar seperti tanah yang memiliki warna putih bisa juga kuning.

Warna jerawat ini biasanya merah dan meradang, salah satu penyebabnya adalah adanya penggunaan zat kimia yang berlebihan, bisa juga karena iritasi kulit terhadap sesuatu yang pastinya bukan lagi bakteri.

Pada umumnya buah mentimun akan jadi sasaran penyembuh alami dengan cara membuat masker yang dilakukan secara rutin.

D. Jenis Jerawat Nodul

Jerawat vulgaris yang termasuk parah ini tentu lebih besar dari pustula, terasa nyeri, dan bisa sampai bulanan tak kunjung hilang. Benjolannya keras di bawah kulit, mudah tumbuh.

Jangan dipencet. Untuk emngurangi terjadinya pembengkakan pada kulit dan menghindari malu saat keluar, usahakan untuk segera konsultasi pada dokter spesialis saja untuk diperiksa lebih lanjut.

E. Jenis Jerawat Batu

Manfaat masker mentimun untuk wajah ini biasanya luka yang berisi nanah yang berbentuk lebih besar dan terasa nyeri dari pada nodul. Munculnya jerawat ini agak jauh di bawah kulit.

Agar terhindar dari terjadinya infeksi pada jerawat, jangan sampai sobat mencetnya. Tak hanya itu, jika keadaan jerawat terlalu besar, luka yang ditinggalkannya pun akan dalam juga meninggalkan rasa nyeri yang sangat.

F. Jenis Jerawat Rosacea

Ruam kemeraha ini banyak dialami usia 30 tahun ke atas. Muncul di pipi, hidung, dahi, dan dagu. Bintik-bintik seperti jerawat mungkin akan terlihat, juga akan menyebabkan kulit Anda bisa rusak.

Bukan hanya memanfaatkan buah mentimun saja, namun harus segera datang pada dokter tertentu agar segera dicek dan diteliti serta ditangani lebih serius lagi dan biasanya dilakukan penyuntikan.

G. Jenis Jerawat Conglobata

Manfaat masker mentimun untuk wajah sangat mujarob juga. Jenis jerawat ini merupakan sudah masuk dalam kategori penyakit kulit wajah menengah, dan biasanya para kaum lelaki yang banyak menaggung.

Salah satu ciri khusus yang dapat kita ketahui adalah terdapat lesi yang tersambung antara kulit sekitarnya.

Yang mana diteliti ternyata hasil perpaduan antara beberapa jenis jerawat di atas menjadi satu yang lebih besar serta mengerikan. Jika tidak terjadi infeksi mungkin tidak terlalu parah.

Umumnya salah satu bagian yang sering dihinggapi adalah seperti leher, punggung, lengan atas, bokong, bisa juga pada paha yang mulus, serta dada.

Kebanyakan dijumpai pada usia 18 – 30 tahun dan dapat bertahan aktif sampai beberapa tahun.

Meski jerawat bkan kondisi medis yang serius, namun Anda dapat melakukan pengobatan jika kulit berjerawat terus menerus agar dapat menghindari munculnya ceruk bekas jerawat pada permukaan kulit.

Bagi Anda kaum muda mudi yang mengidap penyakit jerawat ini, apapun jenis dan penyebabnya, bisa di atasi dengan memanfaatkan buah mentimun. Berikut cara menghilangkan jerawat dengan mentimun khususnya jerawat batu:

Manfaat Masker Mentimun Setiap Hari

Bahan yang dibutuhkan :

Ambil mentimun secukupnya

Cara Membuat Masker Mentimun Tanpa Campuran

  • Mentimun cuci bersih
  • iris menjadi bagian kecil-kecil

Cara Menggunakan Obat Alami dari Mentimun untuk Wajah Berminyak

Irisan-irisan mentimun letakkan dan gosokkan pada bagian kulit yang terkena jerawat. Lakukan secara rutin setiap hari maka jerawat akan hilang.

manfaat masker timun setiap hari cara membuat masker mentimun tanpa campuran

Demikian sobat sedikit ulasan tentang manfaat masker mentimun untuk wajah ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan kesehatan berikutnya.

Sumber: divapress-online.com

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *