Manfaat Air Kelapa untuk Sistem Imunitas

Manfaat Air Kelapa untuk Sistem Imunitas ManfaatUtama.com Imunitas atau sistem kekebalan tubuh sangat penting bagi tubuh karena ibarat pertahanan tubuh.

Sebagaimana penjelasan di wikipedia, sistem kekebalan adalah sistem pergerakan manusia sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan organisme, termasuk virus, bakteri, protozoa, dan parasit.

Sistem kekebalan juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada autoimunitas, dan melawan sel yang teraberasi menjadi tumor.

Selain itu, kemampuan sistem kekebalan berguna membedakan komponen sel tubuh dari komponen patogen asing. Hal ini terus dilakukan sistem imun dalam memfilter infeksi bakteri patogen, baik yang berkembang dalam tubuh maupun di luar tubuh.

Berikut ini bagaimana manfaat air kelapa untuk sistem imunitas tubuh dan bekerja ke dalam sel jaringan kita dalam melengapi dan memberikan perlindungan terhadap kekebalan tubuh kita.

Manfaat Air Kelapa untuk Sistem Imunitas

 

Manfaat Air Kelapa untuk Sistem Imunitas

Tentunya, filterisasi ini dilakukan sebelum berkembang menjadi penyakit. Meskipun demikian, sistem kekebalan mempunyai sisi yang kurang menguntungkan.

Pada proses peradangan, penderita dapat merasa tidak nyaman karena efek samping yang dapat ditimbulkan oleh sifat toksin senyawa organik, yang dikeluarkan sepanjang proses perlawanan berlangsung.

Nah, untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga maka salah satunya adalah dengan banyak mengkonsumsi air kelapa maupun minyak kelapa.

Hal ini karena dalam air kelapa terdapat kandungan asam laurut. Asam laurut merupakan asam lemak yang bermanfaat bagi kesehatan. Satu-satunya sumber berlimpah asam laurut ditemukan dalam ASI.

Dalam minyak kelapa pun terkadang asam laurut. Dengan asam laurut, sistem sitem kekebalan tubuh atau imun akan berkembang.

Asam lemak yang terkandung jug mudah diserap oleh tubuh, dan langsung memberikan energi pada tubuh.

Fungsi Asam Laurut dalam Air Kelapa

Asam laurut juga menjadi asam lemak rantai menengah, yang jumlahnya berlimpah dalam minyak kelapa (sekitar 50% dalam komposisi). Asam tersebut merupakan sumber energi yang luar biasa.

Fungsinya adalah memberikan perlindungan terhadap infeksi pada bayi, ketika sistem kekebalan tubuh tubuhnya masih dalam tahap perkembangan.

Asam lemak ini juga mudah diserap oleh tubuh manusia dan diproses langsung menjadi energi. Di dalam minyak kelapa, juga dapat meningkatkan metabolisme dan kaya akan asam lemak yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nutrisinya juga tetap stabil ketika diolah dengan panas tinggi, termasuk menambah kelezatan masakan.

Selain itu, meningkatkan metabolisme dalam minyak kelapa dan produk kelapa dapat meningkatkan fungsi tiroid sebesar 20%. Fungsi tiroid yang efisien sangat penting bagi tubuh karena berfungsi menignkatkan metabolisme dan produksi energi.

Bahkan, minyak kelapa juga mengandung bahan antibakteri dan antijamur. Kandungan tersebut bisa membantu tubuh Anda melawan infeksi akibat serangan bakteri dan jamur.

Inilah uraian singakt tentang manfaat air kelapa untuk sistem imunitas dalam tubuh, baik untuk balita/bayi, remaja, maupun orang dewasa, dan juga ibu-ibu menyusui. Semoga menambah wacana informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *