Manfaat Air Kelapa untuk Diabetes

Manfaat Air Kelapa untuk Diabetes ManfaatUtama.com Menurut data WHO pada tahun 2009 lalu, jumlah pengidap diabetes di Indonesia mencapai 8 juta jiwa, dan diprediksi akan meningkat menjadi lebih dari 21 juta jiwa 2025.

Itu yang membuat Indonesia menempati peringkat 4 negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia. Sedangkan survey terhadap pengidap diabetes di Jakarta menunjukkan bahwa 1 dari 8 orang pengidap diabetes.

Baik pria maupun wanita, tua maupun muda, tinggal di kota maupun desa, memiliki resiko diabetes yang sama.

Dari sinilah beberapa pakar dokter spesialis memberikan arahan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati salah satunya dengan memikirkan tentang manfaat air kelapa untuk diabetes yang sudah teruji sejak lama.

Manfaat Air Kelapa untuk Diabetes

Manfaat Air Kelapa untuk Diabetes

Apa itu diabetes? Menurut Wikipedia.org, penyakit diabetes mellitus (DM) yang juga dikenal sebagai penyakit kencing manis atau,

Penyakit gula darah adalah golongan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh.

Organ pancreas tidak mampu memproduksi hormone insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Insulin merupakan salah satu hormon yang diproduksi oleh pankreas. Insulin bertanggung jawab mengontrol jumlah atau kadar gula dalam darah.

Selain itu, insulin dibutuhkan untuk mengubah (memproses) karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh manusia.

Hormon insulin berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah.

Lantas, bagaimana gejala seseorang mengalami diabetes?

Tanda awal yang dapat diketahui bahwa seseorang menderita Diabetes (DM) atau kencing manis yaitu dilihat langsung dari efek peningkatan kadar gula darah.

Peningkatan kadar gula dalam darah mencapai nilai 160 – 180 mg/dl dan air seni (urine) penderita kencing manis yang mengandung gula (glucose), sehingga air seni sering dikerubuti semut.

Jika sudah demikian, maka Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Diabetes?

Banyak cara dalam mengatasi masalah penyakit ini. Namun, beberapa terdapat dalam kelapa, yaitu gula dari kelapa dan tempurung kelapa.

Mengenai bahwa gula kelapa sangat baik bagi penderita diabetes didapat dari sumber pacificnewscenter.com.

Dalam sumber tersebut dijelaskan bahwa sebuah jenis gula kelapa telah melejit di Guam, dan diketahui mempunyai manfaat-manfaat kesehatan yang lebih hebat untuk penderita diabetes daripada gula tebu.

Saat pemeriksaan presentasi dari Asosiasi Diabetes Guam di Meskla, dengan nilai 2 juta US dollar, presiden pasifik Rim brokers, Pete Sgro, mengatakan bahwa perusahaan sedang mendukung sebuah produk yang disebut “benevita cocosugar”.

Sgro mengatakan bahwa ia membawa contoh dari Filipina ke Guam dan menerima masukan yang baik dari penderita diabetes dan nondiabetes.

Buktinya, beberapa pasien yang menggunakan produk ini, dalam waktu tertentu, melaporkan adanya penurunan kadar insulin yang dipakai oleh mereka.

Saat ini, Sgro sedang bekerja sama dengan Asosiasi Diabetes Guam untuk melihat terjadinya tren.

Selain itu, ia ingin meningkatkan gaya hidup dari 40 ribu penderita diabetes di Guam.

Menurut Sgro, gula dari kelapa memiliki banyak manfaat. Gula kelapa tidak menyimpan gula di dalam tubuh kita.

Sehingga, produk ini bermanfaat bukan hanya untuk penderita diabetes, melainkan penderita penyakit lainnya.

Hal ini, menurut Sgro, jika dibandingkan dengan penderita obesitas yang mengkonsumsi gula dari tebu secara berlebihan justru akan berefek untuk penderita diabetes melitus menimbulkan lemak.

Akan tetapi, jika seseorang mempunyai indeks Glycemic yang rendah, dengan gula kelapa, orang tersebut tidak akan menimbun lemak di dalam tubuhnya.

Selain itu, Sgro menambahkan bahwa gula dari kelapa ini mempunyai lebih banyak nutrisi daripada gula tebu, serta mengandung lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kolestrol jahat.

Selain Manfaat Air Kelapa untuk Diabetes, Ternyata Manfaat Tempurung Kelapa Juga Memberikan Efek yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Setelah manfaat air kelapa untuk diabetes, selanjutnya mengenai manfaat tempurung kelapa dapat menyembuhkan penderita diabetes dapat sobat cari infonya di xmantankasay.wordpress dot com.

Dalam sumber tersebut, dikisahkan bahwa ada seorang penderit diabetes sudah 3 tahun.

Kemudian, ia sembuh lantaran mencoba pengobatan dari suku Dayak Kalimantan Tengah.

Menurut penuturannya, tempurung kelapa dapat dimanfaatkan untuk mengobati diabetes. Lantas, bagaimana resepnya?

Berikut adalah informasi resep yang penulis dapatkan dari sumber tersebut yaitu manfaat air kelapa untuk diabetes:
Tempurung kelapa (endocarp) yang diperlukan tidak ditentukan banyaknya. Namun, informasi penglaman sebanyak lebih kurang ukuran satu atau 2 kelapa.

Tempurung yang digunakan adalah dari kelapa yang sudah tua (biasanya berwarna cokelat tua).

Sabut (mesocarp) yang masih melekat dibersihkan dulu dengan pisau atau alat lainnya, kemudian dicuci bersih dengan air biasa.

Membersihkan sabut dari tempurung tidak sulit, tetapi memerlukan kesabaran karena cukup memakan waktu agar tempurung benar-benar bersih dari sabut yang melekat.

Setelah tempurung benar-benar bersih, kemudian direbus di tempat rebusan yang terbuat dari tanah.

Panci dari alumunium sebaiknya jangan digunakan karena merebusnya cukup lama. Sehingga, ditakutkan kemungkinan akan terurai unsur alumuniumnya ke dalam rebusan.

Banyaknya air yang digunakan seukuran sedang panci. Dan, yang penting, semua tempurung tenggelam dalam air.

Airnya lebih banyak lebih baik. Perebusan tempurung dihentikan setelah air rebusan menjadi lebih kurang sepertiganya.

Air rebusan diminum setelah dingin atau masih hangat. Gunakan gelas besar. Waktu minum lakukan 3 kali sehari.

Ganti tempurung tadi (yang telah digunakan) setelah 2 atau 3 kali rebusan.

Selesai sudah pembahasan mengenai manfaat air kelapa untuk diabetes yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa efek samping yang merusak kesehatan. Yuk berbagi lagi..

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *