Manfaat Air Kelapa sebagai Minuman Isotonik

Manfaat Air Kelapa sebagai Minuman Isotonik ManfaatUtama.com Pada bagian sebelumnya, sering disinggung bahwa air kelapa mengandung elektrolit tinggi dan termasuk minuman isotonik.

Sehingga, air kelapa sangat baik diminum bagi orang-orang yang suka berolahraga dan pekerja keras, kandungan mineralnya sangat baik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas seharian.

Akan tetapi, beberapa pembahasan sebelumnya masih dangkal. Uraian mengenai fungsi dan manfaat air kelapa sebagai minuman isotonik belum sepenuhnya dibahas lebih jauh.

Oleh sebab itu, pada bagian ini kita akan mengetahui manfaat air kelapa sebagai minuman isotonik untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Air Kelapa sebagai Minuman Isotonik

Manfaat Air Kelapa sebagai Minuman Isotonik

Air kelapa, selain memiliki karakteristik cita rasa yang khas, juga merupakan cairan yang mempunyai kandungan gizi, terutama mineral, yang sangat baik untuk tubuh manusia.

Perlu saya tulis lagi, secara khusus, air kelapa kaya akan potasium (kalium). Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7% – 2,6%) dan protein (0,07 – 0,55 %).

Karena komposisi dijadikan bahan baku produk pangan. Di filipina, air kelapa dimanfaatkan untuk proses pembuatan minuman jelly, alkohol, dektran, cuka, dan nata, de coco.

Sedangkan di Indonesia, air kelapa digunakan sebagai minuman (air kelapa muda) dan media pembuatan nata de coco.

Meskipun demikian, mengingat komposisi mineral yang dikandungnya, maka air kelapa mempunyai potensi besar untuk dikembangkan sebagai minuman isotonik.

Komposisi mineral air kelapa yang unik ini menyebabkan air kelapa bisa berperan sebagai minuman isotonik alami.

Secara alami, air kelapa muda mempunyai komposisi mineral dan gula yang sempurna sehingga mempunyai keseimbangan elektrolit yang sempurna, sama dengan cairan tubuh manusia.

Lantas, bagaimana manfaat minum air kelapa sebagai minuman isotonik bagi kesehatan tubuh?

Sebagaimana telah kita ketahui bersama, 60% berat badan kita adalah cairan. Bicara tentang cairan tubuh,

Setiap harinya manusia membutuhkan cairan dengan jumlah rata-rata 2.000 – 2.500 ml untuk mengganti cairan yang keluar melalui pernafasan, keringan, dan urine.

Itu pun jika tubuh dalam kondisi normal. Namun, jika tubuh melakukan kerja fisik yang terlampau berat atau sedang diare, jumlah cairan yang keluar pun semakin banyak.

Akibatnya, tentu saja, tubuh lebih membutuhkan cairan pengganti. Jika tidak terpenuhi maka:

  1. Metabolisme tubuh pun menurun,
  2. Mengganggu proses pencernaan,
  3. Penyerapan zat-zat gizi,
  4. Hingga temperatur tubuh.

Bagaimana dengan air putih biasa sebagai penggantinya?

Ternyata, cairan ini masih belum mampu mengganti cairan tubuh dan elektrolit yang telah keluar.

Elektrolit merupakan larutan garam yang penting bagi tubuh. Jadi, jangan bingung ketika kita sudah merasa cukup minum, namun masih saja ada yang terasa kurang di dalam tubuh.

Sudah minum banyak air, justru perut akan menjadi kembung.

Nah, air kelapa yang kaya elektrolit ini mampu mencukupi kebutuhan tubuh akan hal itu.

Air kelapa sebagai minuman isotonik ini bisa mengganti cairan tubuh, energi, sampai elektrolit tubuh yang hilang.

Sifatnya cepat mengosongkan perut serta mempunyai daya serap yang tinggi dalam usus.

Selain itu, minuman isotonik air kelapa juga baik berfungsi sebagai oralit bagi Anda yang menderita diare karena tidak mengandung gula.

Cairan isotonik ini ternyata juga ampuh untuk mengatasi sariawan dan tenggorokan kering.

Bagaimana sobat? masih kurang tentang manfaat air kelapa sebagai minuman isotonik yang menyegarkan plus memberikan dampak kesehatan tanpa efek samping, serta macam-macam minuman isotonik yang alami mudak untuk kita dapatkan pula. selamat mencoba. Yuk berbagi lagi..

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *