Manfaat Air Kelapa Mengatasi Kasus Kolera

Manfaat Air Kelapa Mengatasi Kasus Kolera ManfaatUtama.com Kolera (cholera) wikipedia.org adalah penyakit infeksi saluran usus bersifat akut yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholera.

Bakteri ini masuk ke dalam tubuh seseorang melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Bakteri tersebut mengeluarkan enterotoksin (racunnya) pada saluran usus, sehingga terjadilah diare (diarboea) disertai muntah yang akut dan hebat.

Akibatnya, seseorang dalam waktu hanya beberapa hari, akan banyak kehilangan banyak cairan tubuh dan masuk pada kondisi dehidrasi.

Sedangkan gejala penyakit kolera pada orang yang fasenya ditemukan bakteri kolera, mungkin selama 1-2 minggu belum merasakan keluhan berarti.

Akan tetapi, saat terjadinya serangan infeksi maka tiba-tiba terjadi diare dan muntah dengan kondisi serius sebagai serangan akut yang menyebabkan samarnya jenis diare yang dialami.

Pada saat yang sama, pasien dalam kondisi dehidrasi sesuai yang dijelaskan sebelumnya. Oleh itu, kini manfaat air kelapa untuk mengatasi kasus kolera dapat sobat konsumsi untuk meminimalisirnya.

Manfaat Air Kelapa Mengatasi Kasus Kolera

Manfaat Air Kelapa Mengatasi Kasus Kolera

Sebagaimana dijelasakn dalam infopenyakit dot com, apabila dehidrasi tidak segera ditangani maka akan berlanjut ke arah hipovolemik dan asidosis metabolik dalam waktu yang relatif singkat.

Sehingga, hal tersebut dapat menyebabkan kematian bila penanganan tidak segera dilakukan. Pemberian air minum biasa tidak akan banyak membantu.

Penderita kolera membutuhkan infus cairan gula (Dextrose) dan garam (normal saline) atau bentuk cairan infus yang di-mix keduanya (dextrose saline).

Oleh sebab itu, salah satu cairan yang dapat menangani kebutuhan akan cairan infus tersebut adalah air kelapa.

Air kelapa yang sudah sangat terkenal mempunyai kandungan elektrolit tinggi dan bisa dibuat minuman isotonik berperan mengganti cairan tubuh yang hilang tersebut akibat dehidrasi.

Sehingga, jika dalam keadaan kolera membuat pasien dehidrasi, sementara disisi lain dapat diatasi memberi pasien asupan air kelapa yang cukup, maka penyakit ini dapat teratasi dengan sendirinya.

Macam-Macam Air Kelapa Mengatasi Kolera

Mengkonsumsi air kelapa bisa bermacam-macam. Bisa meminumnya secara langsung, yang sering kita temui di pinggir-pinggir jalan orang yang menjual kelapa muda.

Namun, ada juga yang mengolahnya sedemikian rupa menjadi resep khusus. Misalnya, sebuah kelapa hijau, dipotong bagian atas dan bawahnya. Lalu, dilubangi bagian atasnya.

Setelah itu, dipanaskan di atas api hingga mendidih selama 10 menit. Setelah dingin, minum airnya sebanyak 2 kali sehari.

itulah sedikit uraian tentang manfaat air kelapa mengatasi kasus kolera yang sekarang ini banyak diperbincangkan kaum muda di belahan dunia khususnya Indonesai. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi kita untuk tetap waspada dan hati-hati dengan menjaga kesehatan kita sendiri. Sekian semoga bermanfaat.

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *