Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil

Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil ManfaatUtama.com Sudah tahu khasiat untuk ibu hamil makan tomat mentah? atau ingin tahu bahaya tomat bagi ibu hamil? Tentunya sudah tidak asing lagi dengan tomat.

Jenis tumbuhan yang dapat tumbuh subur di sekitar kita, dengan buah yang memiliki warna warni serta rasa manis agak asam. Yang berbentuk layaknya sebuah hati dengan lambang cinta.

Namun, masih banyak juga yang bingung akan posisi tomat sebagi sayur dan buah. Kenyataan ini dilihat dari multi fungsinya, dapat dijadikan sebagai pelengkap bumbu masak, sekalgus dapat pula dijadikan sebagai ramuan herbal berbentuk jus tomat.

Tomat masih satu kerabat dengan kentang, dapat tumbuh hingga 3 meteran. Jenis tomat yang ada di pasaran sendiri bermacam-macam, begitu juga dengan khasiat dan manfaatnya yang dapat Anda temukan dengan makan tomat ini berdasarkan warnanya. Namun, ketahui dulu manfaat tomat untuk ibu hamil di bawah ini.

Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil

Manfaat Tomat untuk Ibu hamil Muda dan Janin serta Bayi

Macam Jenis Tomat yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

Warna tomat sangat banyak, namun warna yang sering kita lihat adalah merah, tidak ketinggalan ada juga warna hijau, orange, kuning, belang – belang, serta ungu kehitaman.

#Dilihat dari Bentuknya

Macam tomat dan manfaat tomat dapat pula kita lihat dari bentuknya, seperti:

  1. Tomat gondol, memiliki bentuk lonjong dan oval, warna asli yang sudah tumbuh berupa gondol putih dan gondol hijau.
  2. Tomat granola, jenis tomat ini berbentuk membulat dan datar pada bagian pangkal, enaknya langsung dimakan saja.
  3. Tomat ceri, ukuran jenis tomat ini lumayan kecil, akan tetapi tangkai buhnya sangat panjang.
  4. Tomat sayur, manfaat tomat sayur tak lain sering digunakan sebagai pelengkap bumbu masak dan juga dijadikan sayuran.

#Jenis Tomat Dilihat dari Warnanya

Begitu juga dengan warna tomat, pastinya Anda sendiri khususnya kaum wanita pastinya banyak menemukan warna warni akan warna tomat, baik di pasar maupun ketika menanam sendiri.

#Dilihat dari Kegunaannya

Untuk kegunaan tomat disini, kita akan menuju langsung manfaat tomat untuk ibu hamil. Karena khasiat dan manfaat tomat sudah banyak kita ulas di atas tadi yang juga dapat dibuat sebagai jus.

Sudah tidak dipungkiri lagi, kebiasaan ibu hamil agar janin dalam kandungan dapat selalu sehat dan tumbuh besar, pastinya harus merasakan asupan nutrisi dan vitamin yang mencukupi.

Tomat dengan segala kandungannya dapat menjadi salah satu solusi bagi Anda yang hamil untuk memenuhi asupan gizi, nutrisi serta vitamin lain yang memang bermanfaat bagi janin terutama untuk ibu hamil sendiri agar tahan. Berikut ini beberpa manfaat tomat untuk ibu hamil dengan penjelasannya.

#Mendapat Asupan Kalsium

Seyogyanya bagi seorang ibu hamil dapat menjaga akan kesehatan janin yang di kandungnya. Jika biasanya sebelum hamil mengkonsumsi kalsium 1 g saja, maka ketika keadaan hamil dapat menambhnya menjadi 1,5 g/hari.

Hal ini dikarenakan membawa beban berat dalam perut, jadi harus membutuhkan kalsium agar kuat melakukan aktifitas. Salah satunya adalah dari tomat ini yang sudah terbukti membawa kalsium yang tinggi, serta akan membuat keadaan janin selalu sehat.

Berikut ini ketika ibu hamil kekurangan kalsium, maka akan berakibat seperti di bawah ini:

  1. Sering muncul kram (kesemuten)
  2. Pada pertumbuhan tulang janin jadi tidak sempurna
  3. Keadaan tulang pada ibu hamil ada yang terjadi pengeroposan
  4. perkembangan pertumbuhan bayi dapat mengalami keterlambatan

Maka itu, kini hadir tomat dengan segala kandungan yang dapat Anda konsumsi dengan olahan sesuai selera, maka dapat memenuhi kebutuhan akan tambahan nutrisi dan vitamin lainnya dalam tubuh Anda.

#Vitamin A Akan Terpenuhi (1500 SI)

Hasil penelitian Litbank untuk ibu hamil, ternyata setiap tubuh khususnya bagi ibu hamil membutuhkan asupan vitamin A 77 g mikro (2,566 IU) dalam satu hari.

Sedangkan jika sudah waktu menyusui sang bayi, maka asupan vitamin A yang harus masuk sekitar 1300 g mikro yaitu sama dengan 4,330 IU dalam satu hari. Ini pastinya lebih besar dibanding masa kehamilan.

Untuk itu, sangat penting sekali bagi Anda ibu hamil sebisa mungkin untuk memenuhi asupan vitamin A nya yang akan berfungsi dapat melawan infeksi, terutama mempercepat penyembuhan proses persalinan saat hamil, dan juga menjaga penglihatan selalu sehat.

Walaupun begitu, susuai kebutuhan saja untuk mengkonsumsi tomat atau memberikan asupan vitamin A nya. Jika terlalu banyak asupan vitamin A dapat juga menjadikan janin kurang baik. Yang sering terjadi malah bayi cacat dan memicu terjadinya keracunan hati.

#Mendapatkan Vitamin C (40 mg)

Walaupun keadaan tomat terlihat biasa – biasa saja, tapi kandungan zat besinya sangat membantu dan dibutuhkan oleh ibu hamil, sekitar 200 – 300% seorang ibu hamil harus bisa mendapatkan.

Manfaat zat besi untuk ibu hamil ini dapat membentuk plasenta dan sel darah merah, dengan begitu seorang ibu hamil memperlukan asupan zat besi sekitar 1040 mg untuk tetap menjaga kekebalan tubuhnya.

Zat besi ini juga yang akan membantu melancarkan proses melahirkan, pembentukan plasenta, serta pembentukan sel darah merah. Yang masing – masing 75 – 450 – dan 200 mg.

Vitamin C pada buah tomat sangat baik untuk ibu hamil konsumsi. Karena manfaat tomat untuk ibu hamil sudah terbukti dapat memberikan asupan berbagai macam kandungan gizi. Vitamin C inilah yang nantinya akan membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh.

#Tercukupinya Kadar Protein (1000 mg)

Salah satu jika seorang ibu hamil asupan gizinya kurang, bisa juga dapat memicu keadaan bayi berat badannya akan rendah. Oleh itu sangat penting sekali asupan nutrisi yang kaya gizi dapat dipenuhi oleh ibu hamil. Dengan begitu, baik fisik bayi maupun ibu hamil pastinya dapat tercukupi kekebalan tubuhnya.

Salah tips agar terpenuhi semua gizi untuk ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi makanan serta menjaga keseimbangan asupan gizi sehari – hari. Dengan begitu keduanya janin dan ibu hamil akan terpenuhi.

Pada kasus studi, sebanyak 60 gram per/hari berupa nutrisi harus dapat dipenuhi ibu hamil. Dan biasanya sebelum hamil hanya 50 gram saja. Untuk itu, untuk mempercepat mendapatkan asupan nutrisi lengkap, tomat dapat Anda makan untuk menjaga kesehatan ibu hamil terutama janin.

Manfaat tomat untuk ibu hamil terutama proteinnya dapat berupa berikut ini:

  1. Membantu berperan untuk pembentukan darah
  2. Membantu tumbuhnya cairan ketuban dan sel – sel pada janin.
  3. Membantu tumbuhnya jaringan sel otak terutama plasenta.
  4. Bagi janin dan ibu hamil, dapat juga sebagai pembentuk antibodi
  5. Dapat memperkuat tulang

#Terpenuhinya Karbohidrat

Manfaat tomat untuk ibu hamil, dimanapun berada yang namanya kalori pastinya akan dibutuhkan setiap orang, terutama ibu hamil yang membutuhkan sekitar 60%, dan itu juga berasal dari karbohidrat.

Karbohidrat inilah yang nantinya akan bermanfaat dalan pembentukan energi, untuk energi sendiri dibutuhkan dam pembentukan plasenta, juga sel – sel janin, proses pembentukan pembuluh darah, cadangan lemak, serta metabolisme tubuh.

Juga bagi ibu hamil sedapat mungkin untuk tetap mengontrol asupan karbohidrat, jangan sampai berlebihan. Jika berlebihan, biasanya kadar gula darah dapat naik. Efek sampingnya malah timbul diabetes serta obesitas pada ibu hamil.

Untuk itu, kandungan tomat sangat lengkap, mulai dari saponin, solanin, asam sitrat, asam folat, dan juga bioflavonoid (likopen dan beta karoten). Yang kesemua itu tentunya akan memberikan dampak yang baik bagi ibu hamil terutama perkembangan janinnya bertambah sehat dan subur.

Sedangkan manfaat tomat untuk ibu hamil diambil dari kompleksnya senyawa ini sebagai berikut:

A. Mengatasi tumbuhnya sel kanker

Manfaat tomat diteliti dapat mengatsi masalah diare, gangguan pencernaan, sampai dapat menjaga fungsi liver tetap aman. Senyawa likopen lah yang menjadi salah satu penyebab semua ini bekerja sesui fungsinya.

Likopen pada tomat juga diteliti dapat juga sebagai antioksidan yang bekerja memberantas jika ada sel kanker yang tumbuh yaitu endometrial, kanker payudara, kanker paru-paru. Beta karoten sendiri masih kalah kerjanya dibanding likopen ini.

B. Mengatasi hipotensi (tekanan darah rendah)

Pada masa hamil, sangat renta sekali terjadi gangguan darah rendah. Tak lain karena adanya penekanan oleh janin pada pembuluh darah yang bersifat besar, selanjutnya akan terjadi meluasnya volume sistem darah, sehingga akan mengalami penurunan darah.

Disinilah peranan tomat sangat membantu dalam memberikan asupan kadar garam, likopen, dan bioflavonoid dapat mengatasi masalah tekanan darah turun naik. Terutama sebagai pembantu untuk selalu memberikan konsentrasi tekanan darah.

Bagi ibu hamil yang sebelumnya memiliki hipertensi, malah tidak baik dikonsumsi.

C. Sebagai pembantu perkembangan siklus sel

Salah satu manfaat tomat untuk ibu hamil adalah terletak pada khasiat likopen yang sempurna. Antioksidan dalam likopen dapat berkomunikasi antar sel dalam tubuh. Sehingga gap junction antar sel akan meningkat, dengan begitu keadaan siklus sel menjadi lebih baik dan akan membantu dalam pembentukan sel-sel pada janin.

D. Dapat mengatasi penyakit anemia

Penelitian Litbank memberikan hasil catatan untuk ibu hamil biasanya mengalami defiasi besi antara 35 – 37% akan meningkat sesuai usia janin. Yang mana akan berakibat antara 50 – 60% bagi ibu hamil dapat mengalami anemia.

Salah satu pemicunya adalah dalam pembentukan sel darah merah tidak berjalan sesuai fungsinya. Sehingga perkembangan janin akan terhambat.

Maka dari itu, bagi seorang ibu hamil harus benar – benar mampu menakar asupan kadar zat besi yang masuk, dan itupun harus dapat mencukupi untuk kesehatan. Dalam buah tomat terdapat senyawa likopen dan juga berupa vitamin C, yang mana akan membantu menyerap zat besi dengan sangat baik.

Dari dulu hingga sekarang dalam tomat terdapat banyak gizi dan nutrisi, seperti mineral, vitamin, protein, senyawa kompleks, karbohidrat, solanin, likopen, sampai bioflavonoid.

Masalah penyakit kehamilan oleh kandungan senyawa kompleks dapat teratasi, yang menular juga pada janin supaya tetap dalam kondisi sehat hingga menuju proses lahirnya ke dunia.

Inilah beberapa manfaat tomat untuk ibu hamil yang dapat Anda cerna secara teliti. Semoga membantu dapat mencari informasi untuk menuju program hamil selanjutnya supaya tetap hati-hati menjaga kesuburan janin dan bayi dalam kandungan.

Jika bermanfaat, yuk batu share lagi pada yang lain…

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *