Manfaat Temulawak Untuk Jerawat

Manfaat Temulawak Untuk Jerawat ManfaatUtama.com Sudah tahu cara membuat masker temulawak untuk jerawat? Atau ingin tahu manfaat cream temulawak untuk wajah? Siapa sih yang kenal temulawk, salah satu tumbuhan yang memiliki kandungan yang khasiatnya beraneka ragam.

Sebagai obat yang mempunyai banyak khasiat, temulawak banyak sekali ditemukan dalam banyak ramuan jamu, baik secara tunggal maupun dikombinasikan dengan bahan tambahan lainnya.

Disebabkan begitu banyaknya resep yang menggunakan temulawak, wajar jika kebutuhan terhadap temulawak terus meningkat, sebagaimana terlihat dari banyaknya pabrik jamu yang meningkatkan pasokan terhadap temulawak setiap tahun, terutama dijadikan sebagai cream.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang tumbuh daging di antara kulit wajah, berikut kita akan mengenalkan manfaat temulawak untuk jerawat serta bagaimana cara pengolahannya dan pengaplikasinya agar dapat memberantas hinnga sembuh.

Manfaat temulawak untuk Jerawat

Manfaat Temulawak untuk Jerawat

Sementara itu, dalam dunia kosmetik, temulawak antara lain digunakan sebagai antijerawat. Temulawak mempunyai sifat astringen.

Sifat ini menyebabkan terjadinya oedema pada muara folikel rambut atau pori – pori kulit, sehingga secara tidak langsung akan mengurangi sekresi sel sebasea.

Daya antiseptik ringan yang dimiliki temulawak dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri – bakteri patogen, sehingga radang jerawat berangsur – angsur membaik, mengering, dan akhirnya sembuh.

Manfaat Temulawak Berdasarkan Ilmu Kedokteran

Temulawak dapat digunakan sebagai obat anti-inflasi atau antiradang. Melalui aktivitas anti-inflasinya, temulawak efektif untuk mengobati radang sendi, rematik, atau antritis rematik.

Melalui aktivitas hipokolesterolemiknya, temulawak dapat menurunkan kadar kolestrol total dan mempunyai indikasi meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi (HDL).

Temulawak juga mempunyai sifat fungistatik atau antijamur terhadap beberapa jamur golongan dermatophyta. Selain bersifat fungistatik, temulawak juga bersifat bakteriostatik atau antibakteri pada mikroba jenis staphyllococcus dan salmonella.

Lingkungan Tumbuh

Sebelum Anda mengambil manfaat temulawak untuk jerawat, langkah baiknya untuk mengetahui tentang tanaman ini.

Pada awalnya, temulawak banyak tumbuh di hutan – hutan, terutama hutan jati bersama keluarga temu – temuan lainnya, seperti temu giring, temu glenyeh, temu ireng, temupoh, dan temu ketek.

tumbuhan ini banyak tumbuh liar di padang alang – alang dan di tanah kering. Dewasa ini, melalui penanaman, temulawak juga tumbuh dengan baik di tegalan, kebun, dan pekarangan rumah.

Inilah uraian singkat manfaat temulawak untuk jerawat dan cara pengolahannya yang mudah kita lakukan. Semoga manambah wawasan untuk mengatasi kulit berjerawat dan selamat mencoba.

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *