Manfaat Minyak Kelapa VCO untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Kelapa VCO untuk Kesehatan ManfaatUtama.com Siapa yang tidak kenal minyak kelapa? Apa lagi bagi orang-orang yang ngaku seorang ibu rumah tangga. Minyak kelapa sebagai salah satu bahan pokok ini sangat diperlukan untuk kepentingan berbagai makanan sehari – hari.

Minyak kelapa dibuat dari bahan dasar buah kelapa, yang diawali dengan pembuatan santan sebagai cairan hasil ekstraksi dari kelapa parut menggunakan air, kemudian diproses pemanasan hingga muncul minyak.

Secara sekilas, minyak kelapa yang biasa kita letakkan di dapur, selain untuk kepentingan memasak, ternyata memiliki manfaat dan khasiat untuk pengobatan.

Nah, bagi Anda yang kurang tahu akan manfaat minyak kelapa VCO untuk kesehatan, berikut ini beberapa fakta ajaib dengan mengkonsumsi air kelapa muda terutama minyaknya dalam aktifitas sehari-hari.

Manfaat Minyak Kelapa VCO untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Kelapa VCO untuk Kesehatan

#1. Sebagai Penghitam Rambut pada Bayi dan Balita

Konon, sejak zaman dahulu, minyak kelapa sudah dimanfaatkan untuk minyak rambut yang biasanya digunakan pada anak kecil dan bayi agar pertumbuhan rambut menjadi subur.

Dari hasilnya ternyata, minyak kelapa dapat menghitamkan rambut dan menguatkan akar dengan pemakaian cukup seminggu sekali secara teratur.

benar atau tidaknya, yang pasti hingga zaman sudah modern, penggunaan minyak kelapa untuk rambut masih digunakan hingga saat ini.

Baca juga:

Manfaat Air Kelapa untuk Mengatasi Racun

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil 7 , 8 , 9 Bulan

#2. Manfaat Minyak Kelapa VCO (Virgin Coconut Oil) untuk Kesehatan

Banyaknya manfaat yang terkandung dalam minyak kelapa ini bagi kesehatan, sehingga kita kira tidak berlebihan jika disebut sebagai kaya kesehatan.

Saat ini, pemanfaatan kelapa lebih berkembang. Salah satunya dengan membuat minyak kelapa murni VCO. Hingga saat ini masih ramai diperbincangkan karena khasiatnya untuk kesehatan. Para ahli pun mulai tertarik untuk meneliti kandungan VCO dan kaitannya dengan kesehatan kita.

Proses Pembuatan Minyak Kelapa VCO yang Kaya Akan Manfaat

Menurut berbagai referensi, VCO terbuat dari daging kelapa yang masih segar. Proses pembuatannya dilakukan dalam suhu yang rendah. Cara pembuatannya, daging buah kelapa diperras santannya, lalu dipanaskan dengan suhu rendah.

Selanjutnya, dilakukan proses fermentasi, pendinginan, penambahan enzim, dan tekanan mekanis atau sentrifugasi. Proses pembuatan minyak kelapa ini sama skali tidak menggunakan zat kimia organis dan pelarut minyak.

Dari proses seperti ini, rasa minyak yang dihasilkan lembut dengan bau khas kelapa yang unik. Jika membeku maka warna minyak kelapa ini putih murni. Sedangkan jika cair maka VCO tidak berwarna (bening).

Berbagai Manfaat Minyak VCO Kelapa untuk Kesehatan

Khasiat buah kelapa memang terkenal sejak lama. Masyarakat Indonesia biasa menggunakan air kelapa untuk mengobati demam, penawar racun, dan menetralkan racun karena obat.

Bahkan, penduduk di kepulauan pasifik mempunyai tubuh yang sehat dan gigi yang kuat karena mereka terbiasa makan kelapa. Sejumlah ahli meyakini bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung kelapa memberikan beberapa manfaat:

#1. Kadar kolestrol rendah

#2. Kesehatan tubuh terjaga

#3. Mencegah penyakit keturunan

#4. dan lainnya

Sedangkan minyak kelapa murni (VCO) juga diyakini memiliki sejumlah khasiat untuk menjaga kesehatan manusia. Hal ini karena kandungan asam lemaknya cukup tinggi.

Fakta Mengejutkan Tentang Manfaat Minyak Kelapa VCO untuk Kesehatan

Ada satu manfaat atau khasiat yang sudah melalui penelitian. Penelitian ini dilakukan terhadap 15 orang pasien penderita HIV di rumah sakit San Lazaro, Manila.

Sebagaimana ditulis Arancon (2000), pasien-pasien tersebut diberi monolaurin murni dalam bentuk kapsul maupun minyak kelapa, dan dibagi dalam tiga kelompok.

  1. Pasien pada kelompok yang pertama diberi monolaurin dosis tinggi, berupa kapsl yang mengandung 7,2 g monolaurin, tiga kali sehari atau 21,6 g perhari.
  2. Untuk bagian berikutnya ke-2 diberi monolaurin dalam dosis rendah, yaitu diberi kapsul yang mengandung 2,4 g monolaurin, sebanyak 3 kali sehari 7, 2 g perhari.
  3. untuk yang terakhir ke-3 diberi minyak kelapa 15 ml sebanyak 3 kali sehari atau 45 ml per hari.

Setelah berjalan 6 bulan pengobatan, 9 dari 15 pasien tersebut mengalami perbaikan terhadap serangan HIV, yang ditandai dengan menurunnya jumlah virus HIV.

Dari 9 orang pasien tersebut, 2 orang mngkonsumsi kapsul yang mengandung 7,2 monolaurin, 4 orang mengkonsumsi kapsul yang mengandung 2,4g, dan 3 orang hanya dengan minyak kelapa.

Penelitian lain dilakukan oleh penduduk yang bermukim di salah pulau pasifik, semua minyak makanannya berasal dari sari buah kelapa ini, menunjukkan total kolestrol dan kolstrol baiknya meningkat dan yang jahat menurun.

Pada kelompok lain yang migrasi ke selandia baru dan jarang mengkonsumsi minyak kelapa, ternyata total kolstrol dan olestrol baiknya meningkat, sedangkan kolestrol jahatnya menurun.

Penelitian lain lagi dilakukan oleh kurup dan RAj Mohan terhadap 24 orang sukarelawan yang diberi makan daging buah kelapa dan minyak kelapa ternyata memiliki total kolestrol dan kolstrol baik yang meningkat (anonim, 2002).

Fakta Menghebohkan Manfaat Minyak Kelapa VCO 2008 untuk Kesehatan

David Allorerung, dkk. (2008) juga memaparkan hasil penelitian lain terkait manfaat minyak kelapa bagi kesehatan.

Suatu riset yang diakukan di India menunjukkan bahwa serangan kardiovaskular di pulau Nikobar sangat rendah karena penduduk yang bermukim suka mengkonsumsi kelapa.

Sama halnya dengan penduduk di pulau Lashadeveep yang mengkonsumsi daging buah kelapa dan minyak kelapa sebagai makanan, yang ternyata kasus penyakit jantung mereka sangat rendah.

Telah diketahui pula penggunaan minyak kelapa sebagai salah satu formula makanan bayi dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium.

Nah, ini dia manfaat minyak kelapa VCO untuk kesehatan kita. Gimana? Jangan sampai terheran ya dengan khasiat yang akan dihasilkan setelah mengkonsumsi minum air kelapa ini. Semoga dapat membantu memberikan hasil pencarian Anda, dan selamat mencoba.

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *