Manfaat Air Kelapa untuk Ginjal

Manfaat Air Kelapa untuk Ginjal ManfaatUtama.com Apa penyakit batu ginjal itu? Menurut penjelasan penelitian litbank dalam istilah kedokteran, batu ginjal disebut. Batu ginjal merupakan suatu keadaan yang terdapat satu atau lebih batu di dalam pelvis atau calyces dari ginjal atau di dalam saluran ureter.

Pembentukan batu ginjal dapat terjadi di bagian mana saja dari saluran kencing. Akan tetapi, biasanya, terbentuk pada dua bagian terbanyak pada ginjal, yaitu di pasu ginjal (renal pelvis) dan calix renalis.

Batu dapat terbentuk dari kalsium, fosfor, atau kombinasi asam urat yang biasanya larut dalam urine.

Selama ini, batu ginjal memiliki variasi ukuran, baik bersifat tunggal atau ganda. Batu-batu itu tinggal di dalam pasu ginjal atau dapat masuk dalam ureter dan dapat merusak jaringan ginjal.

Berikut ini kita akan kupas bagaimana manfaat air kelapa untuk ginjal dapat kita ambil khasiatnya untuk mengatasi berbagai macam penyakit dalam tubuh.

Manfaat Air Kelapa untuk Ginjal

Manfaat Air Kelapa untuk Ginjal

Batu yang besar akan merusak jaringan dengan tekanana atau mengakibatkan obstruksi. Sehingga, terjadi aliran kembali cairan. Penyakit ini bisa menyebabkan nyeri, pendarahan, penyumbatan aliran kemih, atau infeksi.

Selain itu, kebanyakan batu ginjal dapat terjadi berulang-ulang.

Lantas, apa yang menjadi penyebabnya? Batu ginjal dijumpai pada 1 dari 1000 orang. Biasanya, batu ginjal lebih banyak dijumpai pada pria (berumur 30-35 tahun) ketimbang wanita. Juga, banyak dijumpai di tempat tertentu.

Walaupun secara pasti tidak diketahui penyebab batu ginjal, kemungkinannya adalah bila urine menjadi terlalu pekat dan zat-zat yang ada di dalam urine membentuk kristal batu.

Penyebab lain terjadinya batu ginjal adalah sebagai berikut:

  1. karena infeksi,
  2. adanya penyumbatan,
  3. kelebihan sekresi hormon parasitoid,
  4. acidosis pada tubulus ginjal,
  5. peningkatan kadar asam urat,
  6. kerusakan metabolisme
  7. Kerusakan metabolisme dari beberapa janis bahan di dalam tubuh
  8. Terlalu banyak mempergunakan vitamin D
  9. Terlalu banyak makan kalsium

Lantas, bagaimana gejalanya? walaupun besar dan lokasi batu bervariasi, rasa sakit yang disebabkan oleh obstruksi merupakan gejala utama.

Batu yang besar dengan permukaan kasar yang mausk ke dalam ureter akan menambah frekuensi dan memaksa kontraksi ureter secara otomatis.

Rasa sakit dumulai dari pinggang bawah menuju pinggul, kemudian ke alat kelamin luar. Intensitas rasa sakit berfluktuasi, dan rasa sakit yang luar biasa merupakan puncak dari kesakitan.

Apabila batu berada di pasu ginjal daan di calix, rasa sakit menetap dan kurang intensitasnya. Sakit pinggang terjadi bila batu yang mengadakan obstruksi berada di dalam ginjal.

Sedangkan rasa sakit yang parah pada bagian perut terjadi bila batu telah pindah ke bagian ureter. Mual dan muntah selalu mengikuti rasa sakit yang berat.

Terkadang, penderita batu ginjal juga mengalami panas, kedinginan, adanya darah di dalam urine bila batu melukai ureter, distensi perut, dan nanah dalam urine.

Cara Mengobati Batu Ginjal dengan Air Kelapa

Bagaimana cara mengobatinya? Jangan khawatir, sebab penyakit ini dapat disembuhkan dengan cara mengkonsumsi air kelapa setiap hari, baik secara di bakar atau diminum dalam keadaan segar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa air kelapa segar efektif melarutkan batu ginjal. Air kelapa dapat meluruhkan atau memecah batu kencing batu atau ginjal. Jika batu ginjal sudah pecah atau luruh maka akan keluar bersama dengan urine.

Hal ini lantaran air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Sebagai diuretik natural yang steril, air kelapa muda melancarkan air seni dan membantu membersihkan saluran kemih.

Hal ini berkhasiat mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh dan mencegah infeksi saluran kemih, termasuk batu ginjal.

Nah, inilah manfaat air kelapa untuk ginjal yang sudah diteliti sangat mujarob dapat menyembuhkan serta bagaimana kelapa ini bekerja dalam tubuh kita. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba dengan dosis yang sama.

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *