Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan ManfaatUtama.com Sudah tahu manfaat kulit jeruk bali untuk kecantikan? Atau ingin tahu manfaat jeruk bali untuk ibu hamil? Siapa sih yang tak kenal jeruk bali, salah satu buah yang memiliki warna hijau dikala mentah.

Pada umumnya kulit dan buah jeruk bali ini sudah biasa dikonsumsi untuk mengerjakan program diet secara berkala. Karena jika kebanyak mengkonsumsi jeruk bali juga akan ada efek sampingnya sendiri.

Namun, belakangan ini sudah jarang sekali kita temukan jeruk bali di sekitar kita. Mungkin karena lamanya berbuah, sehingga diyakini akan mengganggu tanah yang disekitarnya terdapat jenis buah lain.

Padahal jika kita mau menggali lebih dalam lagi, tak hanya untuk kesehatan melainkan juga jeruk bali ini kita manfaatkan untuk penderita penyakit diabetes dan juga ibu hami. Berikut ini beberapa manfaat jeruk bali untuk kesehatan secara alami tanpa efek samping.

Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jeruk bali berbentuk bulat bulat, tekstur berair, daging buah berwarna putih, dan rasanya asam. ukuran buahnya relatif paling besar diantara semua jenis jeruk. Hampir seluruh bagian jeruk bali mempunyai kegunaan. Berikut manfaat jeruk bali untuk kesehatan kita:

A. Menurunkan kolestrol

B. Mengurangi risiko penyakit jantung,

C. Mencegah pertumbuhan sel kanker,

D. Memperbaiki jaringan sel yang rusak

E. Membersihkan darah kotoran,

F. Menjaga kesehatan prostat,

G. Mencegah penyakit stroke,

H. Mencegah penyumbatan pembuluh darah

I. Menjaga kesehatan kulit,

J. Menjaga kesehatan lambung,

K. Menjaga kesehatan gusi,

L. Meningkatkan vitalitas libido,

M. Memperlancar saluran pencernaan,

N. Mengatasi diare,

O. Membantu proses penyembuhan luka,

P. Mencegah anemia,

Kandungan Gizi dan Fitokimia Jeruk Bali

Buah jeruk bali mengandung banyak vitamin, mineral, flavonoid, dan antioksidan yang sangat tinggi (pektin dan likopen). Bahkan kandungan likopen pada jeruk bali setara dengan 2 kali betakaroten dari 10 kali dari vitamin E. Berikut kandungan gizi buah jeruk bali dan fitokimia jeruk bali.

  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Asam folat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Zat besi
  • Serat
  • Flavonoid
  • Likopen
  • Pektin

Serba-Serbi Jeruk Bali

  1. Jeruk bali mempunyai bermacam-macam sebutan nama-nama jeruk bali diantaranya jeruk besar, jeruk endas (jawa), pum melo (inggris), lima besar (melayu), ma o (Thailand), lukban, suha (Filipina), dou you (China), dan bonton (Jepang).
  2. Bagi seorang perokok, mengkonsumsi jeruk bali secara teratur sebanyak dua “juring” _dalam bagian buah) setiap harinya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan dan Kecantikan

#Penambah Kreatifitas Anak

Dari bentuk jeruk bali yang besar ternyata dapat kita manfaatkan untuk membuat aneka mainan untuk menjadikan sebuah kerajinan yang kita tujukan pada anak-anak kita. Seperti sebuah mobil-mobilan, dan juga sebuah kapal layar yang cantik.

#Manfaat jeruk Bali untuk Kesehatan – Sebagai Antioksidan

Salah satu buah berukuran besar dari bangsa jeruk yang memiliki kandungan antoiksidan adalah jeruk bali. Fungsi dari antioksidan dalam tubuh kita akan bekerja keras melawan radikan bebas yang akan memverikan dampak negatif untuk kesehatan kita.

#Sebagai Obat Sariawan

Manfaat jeruk bali untuk kesehatan aslinya tak jauh beda dengan jeruk lainnya, yang memiliki vitamin C lumayan tinggi. Salah satu kebiasaan masyarakat jika terkena sariawan akan mengobati dengan jeruk bali secara alami dan tentunya herbal sekaligus untuk cuci mulut.

#Sebagai Buah Penyegar Tubuh

Kandungan air pada jeruk bali ini memiliki rasa manis campur asam, yang mana jika dikonsumsi dapat kita rasakan pada tubuh kita yang semakin segar. Apalagi saat cuaca panas yang cocok sekali kita jadikan jus bersama es yang menyegarkan.

#Cocok Buat Campuran Makanan

Manfaat jeruk bali untuk kesehatan ini juga menjadi alternatif penjual rujak. Dan kebiasaan ini sudah begitu lama dilakukan oleh masyarakat pedesaan yang masih terdapat pohon jeruk bali. Disamping sehat juga menjadi makanan cuci mulut yang favorit.

#Mampu Mencegah Kanker

Tidak lain karena kandungan kaliumnya yang akan bekerja mencari radikan bebas bersama antioksidan sekaligus mencegah kanker dalam tubuh tumbuh berkembang. Sehingga sel kanker yang tadinya aan tumbuh, tidak dapat membesar menjadi kanker.

#Sebagai Penurun Kolestrol jahat

Jika sebagian Anda ingin menurunkan kadar kolstrol jahat dalam tubuh, maka mengkonsumsi jeruk bali sangat cocok untuk sobat. Karena kandungan pectin dalam buah jeruk bali dapat menurunkan kadar kolstrol yang tidak kunjung turun.

#Mengatasi Penyakit Jantung

Salah satu kandungan jeruk bali yang tadinya sebagai penurun kolestrol, kini dapat juga menjadi pelindung jantung tetap terjaga sehat. Yaitu kendungan pectin yang efektif sebagai penjaga aktifitas jantung dari serangan sel berbahaya.

#Sebagai Pembersih Sel Darah Merah

Zata aktif dalam jeruk bali juga akan berfungsi sebagai pembersih sel darah merah. Jadi jangan sampai meninggalkan mengkonsumsi berbagai macam jeruk terutama jeruk bali ini yang memberikan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

#Mengatasi Penyakit Hipertensi

Salah satu penyebab timbulnya hipertensi adalah adanya tekanan darah yang naik turun. Kini jeruk bali dengan segala kandungannya tentu akan membantu menjaga kesehatan tubuh terutama pada tekanan darah yang selalu terkontrol.

#Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pada umumnya, bermacam jeruk utamanya jeruk bali ini digunakan sebagai makanan cuci mulut sehabis makan nasi. Hal ini ternyata vitamin dan mineral dalan kandungan jeruk bali memberikan manfaat menjaga kekebalan tubuh kita.

#Sebagai Anti Bakteri dan Juga Anti Inflamasi

Manfaat jeruk bali untuk kesehatan sebagai anti inflasi yang tentunya dengan mengkonsumsinya secara rutin, walaupun seminggu sekali harus Anda lakukan. Salah satu khasiatnya yang dapat sobat peroleh seperti mengatasi peradangan.

#Dapat Memperbaiki Sel Tubuh yang Rusak

Manfaat jeruk bali untuk kesehatan diambil dari nutrisinya, yang jika dikonsumsi sobat akan mendapatkan khasiatnya yaitu mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang sudah mengalami kerusakan. Sehingga kesehatan organ tubuh akan terlindungi.

#Mengatasi Masalah Pencernaan pada Organ Tubuh

Kandungan serat dalam jeruk bali ternyata dihitung tidaak jauh beda dengan buah lainnya. Sehingga dengan adanya kandungan serat ini, juga sangat berpengaruh baik terhadap pencernaan. Terutama memperlancar sistem pencernaan, sembelit, dan juga wasir.

#Dapat Menambah Kulit Menjadi Halus

Manfaat jeruk bali untuk kesehatan lainnya terdapat pada kandungan mineral dan nutrisinya yang akan berpengaruh pada kesehatan kulit kita. Sehingga kulit senantiasa akan teralihat segar dan cerah serta putih.

#Menunda Penuaan Dini

Tidak lain karena antioksidan pada jeruk bali sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh, sehingga akan mudah kulit kembali lagi bercahaya dan mengekang akan timbulnya gejala penuaan dini. Utamanya pada kulit bagian wajah terasa kembali kencang.

#Dapat Digunakan Sebagai Masker Wajah

Dalam jeruk nipis terdapat kandungan anti bakteri, sehingga sangat baik juga sobat gunakan sebagai masker kulit wajah. Karena manfaat masker jeruk bali sangat beraneka ragam, berikut ini beberapa khasita masker dari jeruk bali:

  1. Meminimalisir minyak yang berlebihan
  2. Sebagai pencerah kulit wajah
  3. Alternatif pembersih kulit wajah
  4. Dapat mengangkat sel kulit yang sudah mati.
Cara membuat masker jeruk bali sebagai berikut:
  1. Sediakan buah jeruk bali mentah maupun matang sesuai selera
  2. Haluskan dengan blender
  3. Jika sudah menjadi adonan, oleskan jadikan masker pada kulit wajah Anda
  4. Kemudian biarkan selama 15 – 30 menit dan mengering, lalu bersihkan dengan air segar.

Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

#Sebagai Obat Demam pada Anak

Cara pengolahannya:

  1. Sediakan kulit jeruk bali 200 gr
  2. Daun sembung 200 gr
  3. Daun sirih 10 lembar
  4. Irisan lengkuas 100 gr
  5. Akar tapak liman 100 gr
  6. Rebus semua bahan sampai mendidih
  7. Kemudian biarkan agak hangat
  8. Lalu gunakan air campuran herbal ini untuk mandi bagi anak selama 7 menitan
#Sebagai Obat Batuk Berdahak

Cara pengolahannya:

  1. Sediakan daging buah jeruk bali 100 gr
  2. Kulit jeruk mandarin 10 gr
  3. Kencur 15 gr
  4. Jahe 10 gr
  5. Dan gula merah secukupnya
  6. Masak dengan air sampai mendidih.
  7. Minum selagi masih hangat
#Sebagai Obat Asma

Cara pengolahannya:

  1. Sediakan kulit buah jeruk bali 100 gr
  2. Umbi bunga lili kering 20 gr
  3. Rebusan kencur 10 gr yang direbus dengan air 800 cc hingga tersisa 200 cc dan disaring
  4. Minum air rebusan herbal ini selagi masih hangat.
#Sebagai Obat Jantung Berdebar (Tratapan)
  1. Sediakan bunga jeruk bali 60 gr
  2. Rendaman biji teratai 10 gr hingga lembut
  3. Masak dengan cara direbus sampai biji teratai tersebut matang.
  4. Makan biji teratai tadi
  5. Dan airnya bisa diminum
#Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan – Sebagai Obat Rematik

Cara pengolahannya:

  1. Sediakan daging buah jeruk bali 100 gr
  2. Jahe merah 10 gr
  3. Temulawak 15 gr
  4. Rebusan daun sambiloto 15 gr yang direbus dengan 600 cc air dan sisakan 200 cc air, kemudian saring.
  5. Tambahkan madu sesuai takaran atau secukupnya saja
  6. Minum selagi masih hangat.

Demikian inilah beberapa manfaat jeruk bali untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Pilih salah satu sesuai jenis penyakit Anda. Dan selamat mencoba mengkonsumsi buah jeruk bali segar.

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *