Tanaman Obat Herbal? Ini Dia 27 jenis dan Manfaatnya

Tanaman Obat Herbal dan Manfaatnya ManfaatUtama.com Pernah membuat ramuan dari tumbuhan obat? atau menggunakan tanaman herbal untuk kesehatan? Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis tanaman ini, tumbuhan yang tumbuh disekitar kita yang manfaat dan khasiatnya sering diabaikan banyak orang. Malah ada juga yang berupa daun dan sayuran setiap hari kita masak dan konsumsi.

Dari kacamata penelitian Litbang yang dilakukan oleh Drs.H. Arief Hariana, bahwa tanaman obat herbal yang berada di Indonesia jumlahnya ratusan bahkan ribuan, dan memiliki manfaat yang berbeda-beda. Baik itu untuk menyembuhkan penyakit, maupun menambah kekebalan tubuh kita. Manfaat utama hanya memperkenalkan sebagian dari sekian banyaknya jenis tumbuhan obat. Beriukut beberapa daftar nama tanaman obat herbal dan manfaatnya: Baca juga-Kandungan Gizi Buah Pisang dan Manfaatnya untuk Kesehatan

jenis tanaman obat keluarga dan kegunaannya

 

Tanaman Obat Herbal yang Tumbuh di Sekitar Kita

1. Daun Kumis Kucing ( Orthosiphon Aristatus )

Tumbuhan ini sering kita buat mainana diwaktu kecil, keberadaannya mudah sekali ditemukan yaitu disekitar kita dan paling banyak tumbuh liar diladang atau kebun belakang rumah.

Manfaat tanaman ini diantaranya dapat mengobati infeksi kandung kemih, infeksi saluran kencing, kencing batu, bengkak kandung kemih, encok, dan keputihan.

Kumis Kucing dan Manfaatya untuk Obat herbal

 

2. Tanaman Ciplukan (Physalis Angulata)

Nama daerah untuk tumbuhan ini yaitu kopok-kopokan, ceplukan, cecenet, cecendet dan lainnya. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 40 – 50 cm ukuran lutut kita, Berdaun tunggal dan berwarna hijau serta berbentuk membulat seperti telur. Manfaat untuk herbal diantaranya dapat mengobati bisul, diabetes mellitus, batuk rejan, sakit tenggorokan, dan gondongan.

Manfaat ciplukan untuk Obat Herbal

 

3. Tumbuhan Bakung (Crinum Asiaticum)

Berdasarkan nama daerah yang bisa sobat kenali diantaranya fete-fete, semur, dausa dan lainnya. Ciri utamanya tinggi 2 m ran, memiliki dauntunggal, bagian ujung meruncing sedangkan pangkal daun menumpul. Tanaman ini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit antara lain penutup luka dan peluruh keringat.

Jenis Tanaman Obat Herbal Bakung

 

4. Tanaman Daun Jintan (Coleus Amboinicus)

Nama Lain tumbuhanini Jinten, Ajiran, Kutu Etu, daun Kambing dan lainnya. Jenis tanaman herbal ini menjalar berdaun hijau muda dan berdaging. Manfaat untuk obat herbal menyembuhkan penyakit diantaranya : Obat sakit gigi, obat sariawan, mengatasi perut mulas, dan obat batuk alami.

Manfaat Jintan untuk Obat Herbal

 

5. Tanaman Daun Katuk (Sauropus Androgynus)

Nama daerah jenis tumbuhan ini yaitu cengkok manis, karekur, dan simani. Rata-rata tumbuh dari 3 – 5 m dan berdaun majemuk. Tanaman ini pada umumnya dijadikan sebagai sayuran, khasiat dan manfaatnya untuk melancarkan ASI, bisul, obat demam, dan borok.

Jenis Tumbuhan Obat Daun Katuk

 

6. Tanaman Daun Mineran (Phyllanthus Niruri)

Jenis tanaman obat herbal ini banyak ditemukan pada lokasi bebatuan, dapat tumbuh sampai 50 cm. Berdaun majemuk berwara hijau tua, tepi daun rata dengan panjang 1,5 cm, lebar 7 mm dan memanjang.

Orang dahulu biasanya dimanfaatkan untuk obat penyakit kuning, demam, malaria, epilepsi, peluruh air seni, dan menambah nafsu makan.

Jenis Tumbuhan Obat Daun Meniran (Phyllanthus Niruri)

 

7. Tanaman Daun Nilam (Pogostemon Cablin)

Tumbuhan yang dikenal nama dilem ini dapat tumbuh hingga 2 meter, memiliki daun tunggal dan berbentuk bulat. Permukaan atas daun hijau dan berbulu, sedangkan bawah hijau keunguan. Tulang daun tanaman menyirip panjang dari 6 sampai 7 cm, lebar 5 sampai 6 cm. Khasiat untuk obat herbal biasa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau keringat dan disentri.

 

Jenis Tumbuhan Obat Daun Nilam (Pogostemon Cablin)

 

8. Tumbuhan Pecut Kuda (Stachytarpheta Jamaicensis)

Nama daerah tanaman ini sekar laru, jarong, karu menar, dan biron. Tanaman ini dapat tumbuh sampai 50 cm, letak daun berhadapan dan berbentuk membulat dengan warna hijau.

Khasiat dan manfaatnya digunakan untuk obat kencing batu, sakit tenggorokan, reumatik, dan hepatitis A.

Jenis Tumbuhan Obat Pecut Kuda (Stachytarpheta Jamaicensis)

 

9. Tanaman Daun Seribu (Achillea Millefolium)

Tumbuhan ini tidak bertulang, tingginya hanya 45 cm saja, daun majemuk berbentuk bulat dengan memiliki bunga yang juga majemuk. Biasanya dimanfaatkan untuk mengobati sakit perut, penyembuh luka, menghilangkan nyeri pada sat haid menstruasi, dan menghentikan pendarahan.

Jenis Tumbuhan Obat Daun Seribu (Achillea Millefolium)

 

10. Tanaman Daun Selasih (Ocimum Basilicum)

Nama daerah tanaman herbal ini dikenal sebutan solanis dan telasih. Bisa tumbuh tinggi hingga 80 cm, memiliki daun tunggal, berbentuk bulat dan berwarna hijau tua.

khasiat dan manfaatnya digunakan sebagai penyembuh sakit kepala, obat demam, peluruh ASI, peluruh haid, obat rematik, obat nyeri lambung, dan gangguan pencernaan.

Jenis Tumbuhan Obat Daun Selasih (Ocimum Basilicum)

 

11. Tanaman Daun Lidah Ular (Oldenlandia Speciosa)

Dikenal dengan nama kermah, keci, dan kremah. Tumbuhan ini dapat tumbuh tinggi dari 20 – 50 cm, tepi daun rata dan berwarna hijau serta ujungnya runcing. Khasiat dan manfaatnya untuk menyembuhkan obat tumor.

Jenis Tumbuhan Obat Daun Lidah Ular (Oldenlandia Speciosa)

 

12. Tanaman Keji Beling (Strobilanthes Crispa)

Nama daerah tumbuhan obat herbal ini antara lain lire, sambang geteh, reundeu beureum, dan remik daging. Tanaman ini biasanya menyerupai rumput yang berbatang tegak, dengan tumbuh tinggi hingga 2 m, bentuk batang bulat dan beruas serta berwarna coklat.

Khasiat dan manfaatnya untuk mengobati kencing batu, mengatasi gatal, kencing manis, diare, sembelit, sakit kuning, kolestrol tinggi, tumor, dan diabetes mellitus.

jenis Tumbuhan Obat Daun Keji Beling (Strobilanthes Crispa)

 

13. Tanaman Bayam Duri (Amaranthus Spinosus)

Nama daerah tumbuhan herbal ini taruyak lekek, hayum keri, senggang cucuk. Dapat tumbuh hingga 2 m, dengan batang berduri dan berdaun tunggal serta berwarna hijau. Pada umumnya dimanfaatkan untuk mengobati demam, radang saluran pernafasan, wasir.

Jenis Tumbuhan Obat Daun Bayam Duri (Amaranthus Spinosus)

 

14. Tanaman Daun Patikan kebo (Euphorbia Hirta)

Nama daerah tumbuhan obat ini sosononga, biji kacang, gendong anak, dan nanangkaan. Ciri-ciri tanaman dapat tumbuh sampai hingga 50 cm, berdaun tunggal, pangkal dan ujung meruncing, dan berwarna hijau. Khasiat dan manfaatnya sebagai obat batuk, sariawan, anti inflamasi, dan peluruh air seni.

Jenis Tumbuhan Obat Daun Patikan Kebo (Euphorbia Hirta)

 

15. Tanaman Kembang Telang (Clitoria Ternatea)

Tanaman ini hidup merambat disekitar kita, memiliki bungan berwarna biru, daun majemuk, dan berbentuk bulat seperti telur serta berwarna hijau. Manfaat tumbuhan obat ini sering digunakan untuk menghilangkan jerawat, melancarkan syistem pencernaa, menyembuhkan mata merah, melancarkan haid, dan mengobati penyakit kulit.

Jenis Tumbuhan Obat Kembang Telang (Clitoria Ternatea)

 

16. Tanaman Seledri (Apium Graviolens)

Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga 1 m, berbatang pendek dan bertangkai majemuk. Banyak ditemukan dipasar sayur untuk pelengkap bumbu masak. Manfaat tanaman obat herbal ini biasanya untuk menyembuhkan penyakit asam urat, sakit mata kuning, dan hipertensi.

Jenis Tumbuhan Obat Daun Sledri (Apium Graviolens)

 

17. Tanaman Mengkudu (Morinda citrifolia)

Nama daerah tumbuhan obat ini antara ain Pace, kudu, cangkudu, dan keumeude. Tanaman ini dapat tumbuh besar hingga 6 m, berbatang tidak lurus, kaku, kasar, serta berakar tunggal mendalam. Memiliki buah dengan kulit berbntik, warna hijau selagi masih muda, dan menguning ketika sudanh tua dan matang.

Manfaat untuk obat herbal sebagai menurunkan tekanan darah tinggi, obat sakit kepala, membantu mencegah penyakit jantung koroner, memperlancar syistem pencernaan, mengobati sakit kuning, dan asam urat.

Jenis Tumbuhan Obat Mengkudu (Morinda citrifolia)

 

18. Tanaman Obat Herbal Daun Sirih (Piper betle)

tumbuhan ini dapat tumbuh hingga 10 m, berbaang coklat, berdaun tunggal sperti jantung, tumbuh berselang-seling,dan berbau wangi.

Khasiat dan manfaatnya dapat menyembuhkan penyakit asma, mengatasi keputihan, radang tenggorokan, mengobati sakit gigi, menghilangkan bau badan tak sedap, obat mimisan, dan obat sakit mata.

Jenis Tumbuhan Obat Daun Sirih (Piper betle)

 

19. Tanaman Obat Herbal Lidah Buaya (Aloe Vera)

Tumbuhan ini biasanya dibuat sebagai hiasan depan rumah, dapat tumbuh hingga 50 cm, berdaun tunggal dan berdaging serta terdapat getah yang banyak dengan dihiasi bintik putih disekitarnya.

Pada umumnya dimanfaatkan untuk penyubur tumbuhnya rambut, Obat kanker, perawatan kecantikan, peredam rasa panas pada luka bakar, mengatasi sakit kulit, dan penyembuh luka.

Jenis Tumbuhan Obat Lidah Buaya (Aloe Vera)

 

20. Tanaman Belimbing (Averrhoa Carambola)

Sudahkah menanam belimbing? Jenis tanaman yang mampu tumbuh tinggi hingga 12 m, dengan buah mempunyai ras atau rusuk singgang, dan berwarna hijau saat masih muda, berwarna kuning ketika sudah matang tua.

Umumnya hanya dipakai buat santapan pelngkap makanan, akan tetapi ternyata memiki khasiat dan manfaat sebagai menurunkan darah tinggi, obat kolestrol tinggi, menurunkan berat badan, dan mengatasi hipertensi. Hal karena kandungan Vitamin A, B, C, protein, dan kalsium buah pisang.

Jenis Tumbuhan Obat Belimbing (Averrhoa Carambola)

 

21. Tanaman Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi)

Tanaman ini oleh masyarakat umum dengan belimbing sayur. Berpohon kecil-sedang dan dapat tumbuh hingga 10 m, berdaun majemuk, bertangkai pendek, berbentuk bulat melonjong, dan berwarna hijau.

Manfaatnya untuk obat herbal antara lain dapat mengatasi sakit diabetes, mengobati hipertensi, sebagai obat jerawat, mengobati penyakit gondongan, dan sebagai obat sariawan.

Jenis Tumbuhan Obat Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi)

 

22.Tanaman Obat Herbal Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)

Tumbuhan ini mudah tumbuh dipekarangan maupun polibag, dengan ketinggian tak lebih dari 2 m, memiliki daun berwarna hijau, dan berbatang semu.

Biasanya digunakan untuk peengkap bumbu masak maupun sebagai sayur bersama ikan dan tahu. Akan tetapi khasiat dan manfaat lain dari tanaman ini antara lain sebagai anti radang dan anti keracunan empedu karena karena kandungan Kurkuminnya. Mampu mencegah penyakit hepatitis B yang berperan sebagai faktor utama penyakir kanker hati.

Jenis Tumbuhan Obat Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)

 

23. Tanaman Daun Jarak (Ricinus Communis)

Nama daerah tanaman obat herbal ini yaitu kalek dan kaliki. memiliki batang bulat serta licin, terdapat benjolan bekas tangkai, dan mempunyai daun berwarna hijau kemerahan.

Khasiat dan manfaat bijinya untuk obat yaitu anti rematik, TBC, sebagai obat kanker rahim, hernia, dan rematik.

Jenis Tumbuhan Obat Daun Jarak (Ricinus Communis)

 

24. Tanaman Obat Sambiloto (Andrographis Paniculata)

Nama daearh tanaman obat herbal  ini takilo, ki oray dan lainnya. Ciri umum dapat tumbuh hingga 50 cm, berdaun tunggal, warna daun hijau mengkilap, dan berbentuk runcing memanjang. Khasiat dan manfaatnya untuk mengobati radang paru, mengobati TBC, dan obat batuk rejan.

jenis tumbuhan Obat Sambiloto dan Manfaatnya (Andrographis Paniculata)

 

25. Tanaman Obat Herbal Beluntas (Pluchea Indica)

Nama daerah tanaman beluntas lamutasa, baruntas, dan luntas. Umumnya berbatang dan bertangkai pendek, daun bulat dan berseling-seling, dengan warna hijau terang.

Khasiat dan anfaatnya untuk obat keputihan, meningkatkan nafsu makan, mencegah sakit pinggang, membantu meancarkan pencernaan, nyeri tulang, meluruhkan keringat, meredakan demam, dan menghilangkan bau mulut serta bau badan.

Jenis Tumbuhan Obat Beluntas (Pluchea Indica)

 

26. Tanaman Cincau (Cyclea Barbata)

Nama daerah tanaman obat ini cingcau dan camcao. Ciri umum dapat tumbuh hingga 6 m, berdaun tunggal, daun berbulu pada permukaan, dan berwarna hijau. Khasiat dan manfaatnya untuk obat herbal yaitu radang lambung, tifus dan demam, serta tekanan darah tinggi.

Jenis Tumbuhan Obat Daun Cincau (Cyclea Barbata)

 

27. Tanaman Obat Herbal Daun Dewa (Gynura Divaricata)

Umumnya hanya mampu tumbuh sampai 40 cm saja, batang berbulu, tangkai pendek, dan berdaun kecil serta berwarna hijau tua.

Khasiat dan manfat untuk obat penyakit setruk, mengobati luka memar, serta menurunkan darah tinggi. Hal ini karena memiliki kandunganminyak atsiri, saponin dan lainnya.

Jenis da Manfaat Tumbuhan Obat

Jenis Tumbuhan Obat Daun Dewa (Gynura Divaricata)

Demikian sedikit ulasan dan penjelasan tentang tanaman obat herbal ini, semoga bermanfaat dapat mengambil semua khasiatnya, dan juga menambahkan wawasan serta pengetahuan kita pada jenjang penyembuhan berbagai penyakit berikutnya.

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *