Manfaat Umum Sayur-Sayuran Bagi Tubuh Kita

Manfaat Umum Sayur-Sayuran untuk Kesehatan ManfaatUtama.com Suka memasak dedaunan untuk sayur? atau menanam tanaman sayur untuk dijual kembali? Siapa sih yang tidak kenal dengan sayur, salah satu jenis tanaman yang diolah sebagai pelengkap makan biar segar. Secara umum sayur ini dimanfaatkan oleh ibu yang menyusui sebagai penghasil tambahan ASI alami untuk sang bayi.

Tak hanya itu, tanaman ini mudah tumbuh baik dipekarangan maupun diladang. Serta digunakan sebagai tambahan makanan pokok sehari-hari. Manfaat umum sayur-sayuran sendiri tidak bisa dihitung bagi kesehatan tubuh kita. Maka tak heran jika orang dahulu jarang terserang penyakit berat, karena makanan yang dikonsumsi benar-benar alami tanam sendiri. Berikut beberapa manfaat umum sayur-sayuran untuk kesehatan tubuh kita:

manfaat sayur dan buah bagi kesehatan

Manfaat Umum Sayur-Sayuran

1. Anti Kolestrol

Pada tanaman sayuran terdapat zat kholin bitartrate dan asam pantotenat dan serat tinggi yang bermanfaat menguragi produksi kolestrol. Sehingga proses pembersih darah bertambah cepat menanggulangi kolestrol jahat. Contoh tanaman sayuran yang mengandung serat tinggi menekan anti kolestrol adalah buncis dan bayam.

2. Menghambat Penuaan Dini

Secara umum dalam sayuran terkandung berbagai Zat, seperti antioksidan, mineral, pigmen karoten,flavonoid, klorofil dan mangan yang dapat bermanfaat melindungi dari proses oksidasi sebagai pemicu berjalannya proses penuaan dini.

3. Pengontrolan Berat Badan

Semua ini dapat berjalan jika antara nasi dengan sayuran lebih banyak sayurannya. Hal ini karena berat tubuh manusia dapat dokontrol oleh serat, air dan kalori rendah. Contoh tanaman sayurannya seperti kembang kol dan kubis, jagung, serta asparagus.

manfaat sayuran Hijau, wortel, dan Buncis

4. Anti Diabetes

Manfaat umum sayur-sayuran yang ke-empat yaitu sebagai penangkal penyakit diabetes. Dengan adanya Zat alil propel disulfide, kalium, mangan, sodium sulfur dan pektin dalam tanaman sayur, maka anti diabetes mampu diatasi oleh semua zat tersebut. Hal ini karena dalam tubuh kita kaya akan senyawa penawar racun dan juga semakin bertambahnya metabolisme menjadi energi yang dikelola oleh hati, serta stabilnya gula darah dalam tubuh.

5. Anti Kanker

Ternyata sayuran memiliki banyak Zat, salah satunya enterolacton dan enterodiol yang dapat menahan tumbuhnya penyakit kanker. Layaknya tumbuhan obat yang memiliki khasiat dan manfaat yang beragam, hal ini tak lain karena tanaman sayuran mengandung Zat protein seperti Vitamin, Kalsium, klorofil, lignin, indol yang membentuk syistem detoksifikasi yang dapat menetralkan zat pemicu kanker karsinogen, sihingga sel kanker akan kembali menurun.

6. Manfaat Sayuran sebagai Anti Anemia

Disini bukan penyembuh anemia ya..akan tetapi meminimalisir tumbuhnya anemia. Sayur kaya akan zat besi, asam folat dan vitamin 12, mampu mengatasi sel darah yang kotor. Jika sel darah sobat sehat, maka hemoglobin akan tercipta dengan sehat sehingga penyakit anemia tak akan muncul. Maka jangan berhenti mengkonsumsi syuran yang kaya akan kemanfaatannya.

7. Anti Hipertensi (darah Tinggi)

Darah tinggi (hipertensi) berasal dari beberapa makanan dan pikiran yang terlalu keras, serta emosi setiap hari, kurang berolahraga, dan diet yang salah. Tanaman sayuran memiiki kandungan zat sodium yang bermanfaat menurunkan tekanan darah. Contoh jenis sayuran yang kaya akan zat sodium seperti buncis, asparagus, bawang putih dan bawang merah.

fungsi sayuran dan buah-buahan

Empat sehat lima sempurna harus kita terapkan dalam makanan sehari-hari. Apalagi manfaat umum sayur-sayuran memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan kita ini. Semoga bermanfaat dengan sedikit ulasan ini, dan dapat terhindar dari semua timbulnya penyakit yang ganas. Jangan pernah mengabaikan mengkonsumsi sayuran setiap hari ya..

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *