Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil dan Janin Serta Kesehatan Lainnya

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil ManfaatUtama.com Apakah Anda seorang ibu hamil yang ingin menjaga janin tetap sehat? atau mencari pisang untuk mengobati nyidamnya ibu hamil saja? Pisang merupakan buah yang cocok untuk kesehatan tubuh kita terutama ibu hamil.  Yaitu beberapa nutrisi yang ada dalam pisang sangat baik untuk ibu dan janin. Malah dianjurkan bagi ibu hamil mengkonsumsi 2 – 3 buah pisang .

Tak hanya itu, kandungan gizi buah pisang ini mampu menjaga meminimalisir timbulnya penyakit. Maka tak heran jika manfaat pisang untuk ibu hamil memberikan kenyamanan pada janin tetap sehat. Apalagi memiliki rasa nikmat dan lezat serta rendah lemak, ukuran pisang sedang terdapat sekitar 100 kalori yang baik dan cukup memenuhi kebutuhan ibu hamil. Nah..berikut beberapa manfaat pisang untuk ibu hamil:

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

1. Sebagai Oralit Alami untuk Ibu dan Bayi

Kehilangan banyak cairan salah satu yang dialami ibu hamil. Pada kasus penelitian Litbang pada umumnya akan ditangani menggunakan bahan asin. Disinilah peran kalium pisang menjadi alternatif oralit bagi ibu hamil, dan juga mengatasi timbulnya diare yang akut karena pemadatan tinja dalam perut. Baik juga untuk bayi berumur 1 tahun dgn berat lebih 8 kg yang terkena diare, akan tetapi harus ditambah dengan bubur dan ASI.

2. Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil – Sebagai Sumber Kalsium

Perkembangan kalsium ini terletak pada tulang dan rangka kita serta tidak membatasi usia. Setiap 150 gram pisang terkandung 8 mg kalsium alami. Yang biasa dimanfaatkan untuk memperlancar dan memperkuat kontraksi otot perkembangan dalam kandungan ibu hamil.

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

3. Antioksidan

Dalam setiap buah pisang terdapat sekitar 30% Vitamin C. Fungsi antioksidan ini mampu menjaga kekebalan tubuh ibu hamil dan janin serta memberikan perlawanan terhadap penuaan dini untuk ibu maupun yang memakannya.

4. Manfaat Buah Pisang – Kaya Akan Protein

Proyein yang ada dalam buah pisang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Yaitu sebagai penghasil kalori dan sumber pembentukan antibodi untuk ibu dan janin. Jika ingin yang simpel bisa membuat cemilan dari buah pisang ini, hal ini jika ibu hamil kekurangan protein kemungkinan bayi yang akan ciri yaitu bibir sumbing. Sekitar 2,6 g setiap 200 gram buah pisang terkandung protein.

5. Mengurangi Mual dan Munbtah

Pada umumnya ketika pagi hari ibu hamil akan merasakan mual. Yaitu tiga bulan awal masa kehamilan pertama. Disinilah peran pisang jika dikonsumsi akan bermanfaat membantu mengurangi rasa mual atau morning sickness.

6. Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil – Kekayaan Kalium

Jika ibu hami kekurangan kalium maka akan timbul pembekakan.  Untuk mengatasinya sobat bisa mengkonsumsi buah pisang secara alami ini, kandungan gizi dalam pisang mampu mencegah serta mengurangi pembengkakan selama kehamilan. Untuk mewaspadai timbulnya penyakit tersebut, cara lain yaitu dengan mengkonsumsi air kelapa hijau.

7. Sebagai penyeimbang darah

Manfaat pisang untuk ibu hamil lainnya yaitu menjaga tekanan darah selama masa kehamilan. Hal ini karena adanya kalium serta menjaga menstabilkan otot dari keram dan nyeri. Kejadian yang sering dialami oleh ibu hamil yaitu fluktuasi atau tekanan darah, cara meminimalisirnya dengan melakukan diet sehat yang bisa sobat dapatkan dari mengambil manfaat pisang untuk ibu hamil, tentunya harus sering mengkonsumsi buah pisang ini.

Setidaknya minimal sekitar 4.500 mg kalium ibu hamil harus menambahnya setiap hari. Cairan tersebut akan membantu menurunkan gejala kram pada tingkat yang parah pada anggota badan terutama kaki.

8. Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil – Meningkatkan energi

Walaupun tanpa tambahan makanan pisang dapat menambah energi, apalagi jika dicampur dengan susu. Dalam gula terkandung glukosa, fruktosa dan sukrosa atau gula alami. Untuk ibu hamil yang akan melahirkan serta pasca trimester terakhir bisa mencoba mengkonsumsi, hal ini karena disetiap 220 gramnya pisang mengandung 25 gram gula. Manfaat pisang untuk ibu hamil mengandung gula alami ini, akan mudah dicerna sehingga dapat dengan cepat memberikan energi untuk ibu hamil.

9. Kaya akan karbohidrat

Bagi ibu hamil yang merasakan daya tahan tubuhnya melemah kekurangan karbohidrat, dapat mengkonsumsi menjadikan pisang cemilan setiap saat dan sesering mungkin, karena sudah teruji dapat meningkatkan karbohidrat. Yang menyebabkan pisang cepat kenyang tak lain karena daging pisang tersimpan karbohidrat dalam setiap 225 gramnya adalah 51 gram.

10. Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil – Menjaga gula darah dan Kolesterol

Selama masa kehamilan usahakan untuk tetap menjaga kestabilan kolestrol dan gula darah. Bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang ini, manfaat lain makan pisang secara teratur dapat mencegah timbulnya diabetes serta mengatasinya. Pada umunya ibu hamil akan terlihat selalu murung, lemah, lemas, serta kelelahan, hal ini karena kadar gula darah rendah, solusi alami untuk ibu hamil dapat makan pisang ini.

11. Berpengaruh baik untuk menyusui

Bagi seorang ibu hamil yang menyusui, pasti mineralnya akan turun. Kini pisang hadir membantu menstabilkan serta menambah dan membentuk protein dan mineral serta memperlancar ASI ibu. Untuk mendapatkan pisang tak akan sulit, setiap pasar dan toko buah biasanya tersedia bermacam-macam pisang. Dalam setiap buah pisang terkandung kalsium sebanyak 100 mg setiap 100 gram.

12. Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil – Meningkatkan nafsu makan

Bila badan sehat nafsu makan akan semangat. Begitu juga dengan buah pisang yang kaya akan protein, serat, vitamin dan mineral yang membantu ibu hamil menjadi sehat dan memiliki keinginan untuk makan. Karena energi yang dihasilkan pisang sangat banyak, maka bagi ibu hamil bisa mengkonsumsi pisang setiap hari.

13. Menurunkan Berat Badan setelah Melahirkan

Jenis buah yang aman untuk ibu hamil sedang menyusui ASI salah satunya adalah pisang ini. Beberapa manfaat lain untuk ibu hamil dapat menurunkan berat badan terutama perut, hal ini karena kandungan komponen mineral seperti kalium, magnesium dapat membuat proses metabolisme berlangsung lebih cepat. Serta membunuh racun dan menciptakan membran yang dapat meindungi usus.

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

14. Menambah Asam Folat

Asam folat inilah salah satu yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Manfaatnya banyak sekali, yang berperan untuk perkembangan saraf dan otak, serta pada sumsum tulang belakang. Sedangkan manfaat pisang untuk ibu hamil yaitu, dapat mengatasi fisik bayi yang akan lahir atau defisiensi asam folat serta meminimalisir kecacatan pada bayi.

15. Manfaat Pisang untuk Ibu Hami – Mencegah Anemia

Banyak sekali kita jumpai pada ibu hamil timbul Anemia. Yang lebih berbahaya jika tidak ditangani dapat menimbulkan komplikasi pada akhir kehamilan dan awal mula saat mau melahirkan. Salah satu penyebabnya karena kekurangan zat besi, kini pisang bisa dimanfaatkan secara alami untuk membantu memenuhi kebutuhan ibu hamil. Dalam 225 gram pisang terdapat zat besi sebesar 3 %, yang mana mampu menghasilkan hemoglobin untuk mengurangi anemia.

16. Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil – Vitamin B6

Salah satu vitamin yang larut dalam air adalah B6, Vitamin B6 dalam pisang ini ternyata dapat mengangkat perkembangan sel sistem syaraf pusat pada janin. Apalagi jika jumlah Vitamin B6 ini bisa tepat, morning sickness atau keram dapat teratasi juga. Biasanya untuk ibu hamil akan memerlukan 1,8 mg Vitamin B6 ini, dan itu cukup mengkonsumsi satu buah saja dalam sehari.

17. Meningkatkan Pertumbuhan Hemoglobin

Manfaat pisang untuk ibu hamil, yang sudah terurai dalam tubuh akan memiliki peran dalam pertumbuhan hemoglobin atau sel darah merah. Selain memiliki kandungan Vitamin B6 buah pisang mengandung juga zat besi yang mampu memicu tumbuhnya hemoglobin dalam tubuh.

18. Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil – Mengatasi Gangguan Sembelit

Jika perut ibu hamil terasa kembung serta susah buang air besar, bisa mencoba dengan makan buah pisang ini. Biasanya sembelit ini akan semakin menjadi pada ibu hamil. Yaitu kandungan serat buah pisang menyebabkan gerakan usus halus membentuk tinja, dan rata-rata setiap buah pisang  mengandung 6 gram serat.

19. Membantu Pencernaan

Manfaat pisang untuk ibu hamil berikutnya – yang sering dilakukan ibu hamil biasanya akan mengalami gangguan pencernaan, bahayanya jika perut sering ditekan padahal janin baru akan tumbuh. Untuk mengatasi hal tersebut ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan ini setiap hari secara teratur. Kandungan lain dalam pisang yaitu terdapat antacid bertugas menekan sekresi asam. Dalam menormalkan mortilitas usus, dibantu juga oleh zat protein pectin dalam pisang.

20. Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil – Obat Diare Alami

Makanan buah alami pisang selain mengandung serat dan pactin yang mudah larut dalam perut. Serat tersebut mampu membantu meringankan diare pada ibu hamil, yaitu dengan cara mengabsorbsi menyerap air dalam tubuh. Begitu banyaknya manfaat pisang untuk ibu hamil sampai bisa mengatasi diare. Selain itu biasanya ketika diare akan di ikuti pula dengan keram, dengan mengkonsumsi pisang ini bisa meminimalisir keram tersebut.

Mengantisipasi Elergi pada Ibu Hamil

Jika sebelumnya seoang ibu hamil sudah memiliki penyakit elergi atau gatal-gatal, maka sebaiknya konsultasi dulu sama dokter. Jika mendapat solusi makan buah pisang, usahakan memilih jenis pisang organik yang rawan akan bahan kimia serta pestisida.

Tak sedikit para petani yang memberikan asupan bahan kimia seperti chitinase untuk mempercepat pertumbuha buah pisang tersebut. Padahal bagi penderita elergi dan lainnya akan semakin berpengaruh terhadap penyakit ini terutama ibu hamil. Yang demikian dapat membelakangi manfaat pisang untuk ibu hamil serta tercemar akan kebaikannya.

Dalam penelitian Litbang menunjukkan, secara signifikan pengolahan pisang yang di campur susu akan dapat menekan sekresi asam lambung dan membantu melindungi terhadap ulcer pada lambung. Para peneliti juga menemukan bahwa pisang segar membantu melindungi perut hewan dari luka. Pisang dapat meningkatkan produksi sel-sel yang membentuk lapisan perut. Pisang menghasilkan pertahanan berupa lendir tebal terhadap asam, pisang membantu dalam menghilangkan bakteri yang menyebabkan radang perut.

Pisang dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Mulai dari mentah, panggang atau tumis. Ynag tentu dengan olahan yang cocok. Pisang dapat digunakan sebagai dessert, topping maupun dibuat sebagai keripik yang banyak dijual pada toko. Belum ada larangan dalam pengolahan buah pisang ini. Hanya buah dalam bentuk mentah masih memiliki kesegaran nutrisi dibandingkan dengan mengolahnya dengan berbagai perubahan kondisi.

Demikian sobat beberapa penjelasan dan ulasan tentang manfaat pisang untuk ibu hamil dan janin ini, semoga bermanfaat serta dapat memberikan wawasan dan pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan kesehatan berikutnya.

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *