Kandungan Gizi Buah Pisang dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Pisang ManfaatUtama.com Pernah makan buah pisang? Atau sudah menanam buah pisang sendiri di samping rumah? Nama pisang sudah tak asing lagi apalagi keberadaannya mudah untuk kita dapatkan, setiap kebun yang kita lihat tak akan pernah tertinggal pohon pisang berjejer. Selain mudah cara menanamnya, ternyata memiliki harga jual yang lumayan apalagi mempunyai khasiat dan manfaat yang luar biasa.

Buah yang setiap hari kita lewati ini memberikan multiguna tersendiri bagi kita. Dengan adanya kandungan gizi buah pisang, hampir setiap makanan yang kita jumpai bahan utamanya dari pisang ini ataupun sebagai pelengkap saja. Nah..bagi sobat yang ingin mengetahui dan menggali lebih dalam lagi beberapa kangungan gizi buah pisang yang berada pada daging pisang ini, berikut ulasannya:

kandungan gizi buah pisang dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak dikonsumsi, mengapa demikian? Tak lain karena dalam buah pisang terdapat beberapa zat protein seprti gizi. Berikut ulasannya:

Kandungan Gizi Buah Pisang
Dalam Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 86
Jumlah Lemak 0,4 g
Lemak jenuh 0,2 g
Lemak tak jenuh ganda 0,2 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2mg
Kalium 348 mg
Jumlah Karbohidrat 25 g
Serat pangan 3,6 g
Gula 13 g
Protein 1,4 g
Vitamin A    62 IU               Vitamin C    7,7 mg
Kalsium    4 mg                    Zat besi    0,4 mg
Vitamin D    0 IU                Vitamin B6    0,3 mg
Vitamin B12    0 µg            Magnesium    29 mg

Ternyata segitu banyaknya tak heran jika tanaman pisang ini sudah terkenal mendunia dan khususnya di Indonesia ini yang banyak sekali tumbuh subur berbagai jenis pisang, seperti pisang susu, pisang mas super, pisang tanduk, pisang kepok, pisang siam dan lainnya. Tau nggak ? dari kesemua jenis pisang tersebut ternyata memiliki kesamaan khasiat dan manfaat lho..APa semua khasiatnya? Berikut beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan kita:

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Kita

Mencegah penyakit lebih baik dari pada mengobati. Minimalnya 4700 miligram per hari untuk orang dewasa mengkonsumsi buah pisang ini. Mengapa harus segitu? Tak lain karena kandungan dan manfaat buah pisang diantaranya sevagai berikut:

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dan kandungan gizi yang ada dalam pisang mampu membantu menjaga mata tetap sehat. Hal ini karena larut dalam lemak yang bermanfaat melindungi mata tetap sehat.  Yaitu berupa senyawa yang salah satu jenis protein membawa cahaya ke kornea serta dapat juga meminimalisir terjadinya mata buta dan menjaga mata tetap sehat dengan aktifitas sehari-hari.

Pada dasarnya minimal 700 mikro gram setiap hari untuk wanita harus mengkonsumsi pisang, sedangkan 900 mikro gram bagi pria.  Dalam daging pisang juga terdapat alpha karoten dan beta karoten yang diubah menjadi Vitamin A serta bermanfaat menjaga mata tetap sehat.

2.  Manfaat Buah Pisang-Menormalkan Fungsi Jantung

Agar fungsi jantung normal kaya akan nutrisi, dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang sesering mungkin kalau bisa setiap hari. Selain kandungan gizi buah pisang banyak, juga kaya akan mineral yang dibituhkan tubuh yaitu elektrolit kalium. Diantara sel-sel tubuh ini kalium berjalan dan larut bersama cairan, yang awalnya masuk melalui aliran darah melalui dinding usus.

Hal ini menjadikan jantung tetap aktif berdetak secara sehat, karena adanya syitem tubuh yang mengalir berputar dengan normal. Jika dalam tubuh kita kekurangan kalium terlalu parah, fungsi jantung akan kurang stabil dan menjadikan semakin lemah serta dapat memicu kematian.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Dari penjelasan diatas buah pisang mempunyai kandungan gizi potasium sangat baik untuk melancarkan peredaran darah. Jika darah berjalan lancar, penyakit stroke tak akan timbul. Yaitu kandungan kalium yang mengatur serta membantu kelancaran tekanan darah sehingga meminimalisir timbulnya penyakit jantung.

4. Manfaat Buah Pisang – Membantu Pencernaan pada Usus

Kandungan gizi buah pisang berupa serat ternyata sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit. Jangan kebanyakan mengkonsumsi obat pencahar, coba dulu dengan konsumsi buah pisang. Yaitu dengan cara campurkan buah pisang dengan susu satu gelas yang dapat mengurangi penyakit usus berbahaya, seperti timbulnya gejala gangguan usus besar. Vitamin C dalam pisang mampu mempercepat inflamasi dalam usus.

5. Perawatan Diare

Diare dapat menimbulkan badan kita menjadi lemas dan lemah, karena elektrolit seperti kalium menjadi hilang selama masa diare. Bagi penderita bisa coba dengan makan buah pisang, dan saus apel, karena kandungan gizinya untuk membantu mengatasi penyakit diare ini.

6. Manfaat Buah Pisang – Meminimalisir Penyakit Asma

Dari penelitian Litbang dan study percobaan Universitas di London memberikan hasil bahwa setiap orang yang makan buah pisang satu kali per hari saja, dapat memberikan efek 35% lebih kecil untuk mengalami penyakit asma, ini karena kandungan gizi yang lengkap.

7. Anemia

Kandungan gizi buah pisang berupa FE ( zat besi) dan menkonsumsi pisang setiap hari 2 kali ternyata dapat membantu menambah darah untuk penderita kurang darah.

8. Manfaat Buah pisang untuk Liver

Cara membuat ramuan yaitu buah pisang yang dicampur dengan madu, kandungan gizi memberikan stimulan untuk nafsu makan bagi penderita lever.

9. Manfaat Buah Pisang untuk Diabetes

Berdasarkan penelitian kandungan gizi buah berhasil membuat catatan bahwa diabetes tipe 1, yang menkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan meningkatkan lipid dan insulin. Sangat baik dengan coba makan buah pisang ini, yaitu ukuran pisang sedang mengandung 3 gram serat.

Demikian sobat sidikit ulasan tentang kandungan gizi buah pisang dan manfaatnya untuk kesehatan kita ini, semoga bermanfaat dan dapat meminimalisir timbulnya penyakit dengan sering mengkonsumsi pisang, terutama untuk jenjang berikutnya.

 

 

Jika Suka
Silahkan Like

Follow di Twitter

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *